Salin Artikel

Posisi KKB di Beoga Papua Disebut Makin Mundur, Warga Pendatang Dievakuasi

KOMPAS.com - Pascakedatangan 100 personel Satgas Nemangkawi, kondisi Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, disebut berangsur kondusif.

Meskipun begitu, kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih berada di sana. Namun, mereka tak melepas tembakan lagi.

"Mereka (KKB) masih terlihat di kejauhan, posisi mereka semakin mundur," ucap Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Beoga Ipda Ali Akbar, Jumat (16/4/2021).

Sebelumnya, pada Rabu (14/4/2021) siang, KKB yang berada di ujung Lapangan Terbang Beoga dipukul mundur oleh anggota Brimob Polri dan Batalyon Infanteri Raider 715/Mtl.

Alhasil, pesawat yang dinaiki Satgas Nemangkawi berhasil mendarat.

Warga pendatang dievakuasi

Akibat penembakan guru SD Inpres Beoga, Oktovianus Rayo, yang diduga dilakukan KKB, membuat seluruh warga pendatang mengungsi ke markas Komando Rayon Militer (Koramil) dan Polsek Beoga.

Mereka kini telah dievakuasi, seusai lapangan terbang dinilai aman untuk dilalui.

"Semua sudah dievakuasi, total ada 42 orang, kemarin terakhir sudah terbang ke Timika," ujar Ali saat dihubungi Kompas.com.

Ali menambahkan, kondisi keamanan di Beoga pun kondusif, sehingga warga berani beraktivitas di siang hari.

Sebanyak 100 personel Satgas Nemangkawi kini telah berada di Beoga.

"Kemarin (14/4/2021) personel TNI sebanyak 50 prajurit sudah berada di Beoga, tadi juga sudah diberangkatkan 50 personel dari Polri. Jadi sudah ada 100 personel gabungan yang berada di Beoga," jelas Wakil Satuan Tugas (Wakasatgas) Hubungan Masyarakat Nemangkawi AKBP Arif Fajar Satria dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

Tim ini berada di Beoga untuk menindak KKB pimpinan Sabinus Waker dan Lekagak Telenggen yang diduga melancarkan sejumlah aksi di daerah tersebut sejak 8 April 2021.

"Cepat atau lambat kelompok kriminal ini pasti tertangkap," tutur Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Al Qudusy.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Robertus Belarminus, Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/16/151156978/posisi-kkb-di-beoga-papua-disebut-makin-mundur-warga-pendatang-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke