Salin Artikel

Unik, Hotel di Solo Ini Ciptakan Miniatur Masjid dari Rengginang

SOLO, KOMPAS.com - Sebuah miniatur masjid terbuat dari bahan makanan tradisional rengginang terpasang di lobi The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah.

Masjid tersebut memiliki tinggi 180 sentimeter dengan diameter 200 sentimeter.

Masjid tersebut sengaja dipasang di lobi hotel berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 2021.

Sekaligus menyambut tamu yang menginap di hotel tersebut selama bulan Ramadhan. Para tamu bisa memanfaatkan miniatur masjid sebagai spot selfie.

General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari mengatakan, pembuatan miniatur masjid membutuhkan waktu selama tujuh hari menghabiskan 20 kilogram rengginang.

Rengginang itu ditempel menjadi miniatur masjid dengan menggunakan white chocolate.

"Miniatur masjid ini memang kita buat terinspirasi dari masjid-masjid yang ada di Jawa. Ada bentuk limasan di situ," kata Retno di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/4/2021) malam.

Retno mengungkap, alasan mengapa miniatur masjid itu dibuat dengan bahan dasar rengginang.

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan berbentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dan biasa disajikan ketika momentum Lebaran untuk menyambut tamu.

"Seperti biasa kalau kita Lebaran sering kali kita rindu kampung halaman dan ada suguhan-suguhan rengginan. Kita terinspirasi untuk membuat miniatur masjid menggunakan rengginan," kata dia.

Dikatakan Retno, miniatur masjid berbahan dasar rengginang ini adalah yang terbesar yang pernah dibuat untuk menyambut bulan suci Ramadhan 2021.

"Setiap tahun kita membuat berbagai ragam kreativitas untuk menyemarakkan Ramdhan dan menyambut Idul Fitri," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/16/081125978/unik-hotel-di-solo-ini-ciptakan-miniatur-masjid-dari-rengginang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke