Salin Artikel

Viral Video Antrean Mahasiswa Penuhi Jalur Lambat Ring Road Yogya, Ini Penjelasan UMY

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video viral di sosial media Instagram, Rabu (14/4/2021). Video yang diunggah oleh akun @merapi_uncover tersebut memperlihatkan kerumunan antrean pembagian tajil kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kasihan, Bantul.

Video berdurasi 30 detik itu menunjukkan bagaimana mahasiswa mengantre hingga memenuhi jalur lambat ring road Yogyakarta.

Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Hijriyah Oktaviani membenarkan bahwa pihaknya mengadakan bagi-bagi tajil.

Pembagian tajil itu sesuai dengan program UMY yaitu Mengabdi yang sudah berjalan sejak pandemi Covid-19 tahun lalu.

"Kemarin ada pembagian paket sembako yang diberikan kepada masyarakat, dan civitas akademika. Selain itu juga dibagikan subsidi kuota internet untuk mahasiswa juga, masuk dalam UMY Mengabdi," katanya saat dihubungi, Kamis (15/4/2021).

Disinggung terkait munculnya kerumunan saat pembagian tajil, ia tak bisa mengelak. Menurut dia, antusiasme mahasiswa pada acara pembagian tajil sangat besar.

"Antusiasnya besar terbukti mengular sampai keluar kampus, kuota tajil awalnya 1.000 bahkan ada yang putar balik dari kampus meninggalkan area kampus karena kehabisan," katanya.

Paket sebanyak 1000 itu habis dalam waktu kurang dari 20 menit.

Kemudian pihak UMY menambah lagi sebanyak 500 paket. Total tajil yang diberikan pada hari kedua puasa mencapai 1.500 paket tajil.

Dengan membeludaknya mahasiswa yang mengambil tajil di UMY, pihaknya telah melakukan rapat inti panitia ramadhan di kampus.

"Dari hasil rapat ini, mungkin bisa menunggu resminya. Pada intinya UMY melalui program UMY mengabdi ini tetap mendistribusikan paket tajil buka puasa. Sejumlah 1500 dan pengambilan dimulai tetap jam 16.00 WIB dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa (KTM)," jelas dia.

Ia menyampaikan, ke depan pihaknya akan menginformasikan kepada mahasiswa agar tetap taat oleh aturan yang ditetapkan pihak panitia ramadhan kampus. Pihak kampus telah membuat jalur bagi mahasiswa yang akan mengantre.


"Mahasiswa juga tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan


https://regional.kompas.com/read/2021/04/15/184712878/viral-video-antrean-mahasiswa-penuhi-jalur-lambat-ring-road-yogya-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke