Salin Artikel

Heboh Biaya Masuk Pantai Anyer Rp 100.000, Berawal dari Wisatawan Unggah Foto Tiket di Medsos

KOMPAS.com - Besarnya biaya tiket masuk di kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten, dikeluhkan wisatawan karena dianggap terlalu mahal.

Pasalnya, besaran tiket masuk untuk kendaraan mobil pribadi dipatok sebesar Rp 100.000 oleh pihak pengelola.

Merasa tak nyaman dengan pengalaman itu, wisatawan tersebut kemudian mengunggah foto tiket dan menceritakannya di media sosial hingga menjadi viral.

Penjelasan pengelola

Menanggapi masalah besaran tiket itu, Asep Saepi, pengelola Pantai Pasir Putih Sirih membenarkannya.

Menurutnya, harga tiket di Pantai Pasir Putih Anyer beragam. Untuk motor dikenakan biaya sebesar Rp 20.000, mobil pribadi Rp 100.000 dan bus Rp 800.000.

Besaran harga tersebut sudah diterapkan sejak lama dan sudah melalui kesepakatan antara pihak pengelola dengan Pemerintah Kabupaten Serang.

"Dari dulu mobil pribadi itu Rp 100.000, tidak ada kenaikan. Itu harga sudah termasuk penumpang tidak ada biaya yang lain lagi. Itu harga wajar," kata Asep dihubungi melalui sambungan telpon. Senin (12/4/2021).

"Adapun orang (mengeluhkan) di medsos bahwa kemahalan Rp100.000. Kan di Anyer juga ada (harga tiket) yang Rp 50.000, ada yang Rp 30.000, tapi kondisi pantainya seperti apa, tinggal pilih saja," ujar Asep.

Perbedaan harga yang diterapkan itu tergantung dari pengelola masing-masing lokasi. Sebab, di wilayah itu untuk pengelolaan pantai dilakukan perorangan bukan pemerintah daerah.

"Pantai di Anyer sampai ke Karang Bolong Cinangka kebanyakan dikelola perorangan engga ada yang punya Pemda. Ada yang sewa juga, kalau kita punya sendiri, dikelola sendiri" jelas Asep.

Penulis : Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor : Aprillia Ika

https://regional.kompas.com/read/2021/04/13/102721378/heboh-biaya-masuk-pantai-anyer-rp-100000-berawal-dari-wisatawan-unggah-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke