Salin Artikel

Bupati Blitar Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Kerugian akibat Gempa Ditaksir Rp 3 M

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Achmad Cholik mengatakan, status tersebut telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati yang diterbitkan Senin (12/4/2021).

"Sudah dikeluarkan Keputusan Bupati Blitar tentang tanggap darurat bencana gempa bumi di Kabupaten Blitar," ujar Cholik kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Cholik menjelaskan, status tanggap darurat bencana gempa itu berlangsung selama 30 hari sejak 10 April hingga 9 Mei.

"Jangka waktunya bisa diperpanjang atau diperpendek sesuai kebutuhan penanganan dampak bencana di lapangan," ujar Cholik.

Dengan adanya ketetapan tersebut, penanganan dan pembiayaan dampak bencana gempa bumi akan diambil dari anggaran belanja tak terduga (BTT) di kas Pemkab Blitar.

"Setiap dinas dan OPD terkait nanti mengajukan anggaran penanggulangan dampak bencana," ujarnya.

Menurut Cholik, Pemkab Blitar masih memiliki dana BTT sekitar Rp 8 miliar.

Nilai kerugian sekitar Rp 3 miliar

BPBD Kabupaten Blitar telah menyelesaikan pendataan dampak bencana gempa bumi di Kabupaten Blitar. Tercatat 632 rumah dan bangunan lainnya rusak serta 11 orang terluka.

"Perkiraan kerugian sekitar Rp 3 miliar," ujar Cholik.

Berdasarkan data hasil asesmen akhir oleh BPBD yang diterima Kompas.com, kerusakan tersebut terdiri dari 586 rumah dan 64 fasilitas umum (fasum).


Kerusakan rumah warga kategori berat sebanyak 20 rumah, sedang sebanyak 237 rumah, dan ringan 311 rumah.

Sebanyak 64 kerusakan fasum terdiri dari kerusakan berat 3 fasum, kerusakan sedang 18 fasum, dan kerusakan ringan 43 fasum.

Dampak kerusakan di wilayah Kabupaten Blitar terjadi di seluruh kecamatan.

Akibat gempa bumi tersebut, dampak kerusakan paling banyak terjadi di Kecamatan Kanigoro dengan jumlah kerusakan sebanyak 205 rumah dan delapan fasilitas umum.

Wilayah yang mencatatkan jumlah kerusakan paling banyak berikutnya adalah Kecamatan Wates dengan 79 kerusakan, Kesamben dengan 56 kerusakan, Talun dengan 40 kerusakan, Binangun dengan 36 kerusakan, dan Srengat dengan 31 kerusakan. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/13/101244878/bupati-blitar-tetapkan-status-tanggap-darurat-bencana-kerugian-akibat-gempa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke