Salin Artikel

Kenapa Pantang Makan Jengkol, Petai, dan Bawang Putih jika Ingin Tes GeNose? Ini Jawabannya

Bagi masyarakat yang hendak melakukan tes dengan alat ini, perlu diketahui sejumlah hal yang harus dihindari.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan mengingatkan agar setiap orang yang ingin melakukan tes GeNose, tidak mengonsumsi jengkol, petai, durian, kopi, bawang putih, dan merokok.

"Hanya boleh minum air putih minimal 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan sampel napas. Karena bisa memengaruhi hasilnya," ucap Gunawan di Jambi, Minggu (11/4/2021).

Mengutip Kompas TV, 28 Desember 2020, Ketua Tim Pengembang GeNose UGM Kuwat Triyana mengatakan, bau rokok serta bau dari makanan dan minuman yang menyengat dapat mengganggu akurasi GeNose.

"Menurut informasi dari tim medis, apabila virus atau bakteri atau patogen yang masuk ke dalam saluran napas, maka di situ akan terjadi semacam reaksi metabolisme. Bentuknya atau hasilnya berupa senyawa yang mudah menguap atau bahasa ilmiahnya Organic Volatile Compound," kata Kuwat.

Senyawa tersebut sangat khas sehingga bisa dideteksi mana senyawa yang dihasilkan oleh virus corona penyebab Covid-19 dan mana yang dihasilkan oleh virus lain.

"Kaitannya dengan makanan tadi, memang ada pengaruhnya, sedikit. Walaupun kami tidak menemukan semua yang habis makan, di-GeNose, positif atau negatif. Artinya, mengganggu sinyal," ujar Kuwat.

"Memang ada (salah deteksi) maka di dalam penggunaan ini kami menyarankan untuk satu jam sebelum tes itu jangan makan makanan yang baunya sangat menyengat, seperti durian, kemudian petai atau jengkol," imbuhnya. (Penulis : Jawahir Gustav Rizal, Kontributor Jambi, Suwandi| Editor : Rendika Ferri Kurniawan)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/11/185621278/kenapa-pantang-makan-jengkol-petai-dan-bawang-putih-jika-ingin-tes-genose

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke