Salin Artikel

Tanggul Sungai Jebol, Perumahan di Purwokerto Terendam Banjir Setinggi Leher Orang Dewasa

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 20 rumah warga di salah satu perumahan Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terendam banjir setelah diguyur hujan lebat sejak, Sabtu (10/4/2021) sore.

Salah satu warga, Ibu Hari mengatakan, banjir mulai menggenangi area perumahan sejak pukul 15.00 WIB. Namun air semakin tinggi mulai pukul 18.00 WIB setelah tanggul sungai di dekat perumahan jebol.

"Dari sore sudah banjir, tapi pas azan Maghrib itu tiba-tiba tanggul jebol dan air semakin tinggi," kata Hari kepada wartawan, Sabtu malam.

Bahkan ketinggian air, menurut dia, mencapai setinggi leher orang dewasa.

Warga lainnya, Agus mengatakan, banjir disebabkan karena luapan air dari Kali Bener yang tinggi permukaannya hampir sama dengan perumahan.

"Ditambah lagi karena pagar tanggul sungai ambruk," ujar Agus.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulngan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Andi Risdiyanto mengatakan, akibat peristiwa itu tiga orang warga harus mengungsi.

"Tadi ada tiga jiwa yang sudah diungsikan ke rumah tetangga yang tidak terdampak. Ketinggian air sampai lebih dari 1,5 meter. Total rumah yang terdapat ada sekitar 20," kata Andi.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/10/232554178/tanggul-sungai-jebol-perumahan-di-purwokerto-terendam-banjir-setinggi-leher

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke