Salin Artikel

Heboh, Api Muncul di Tengah Persawahan di Indramayu, Ini Sumbernya

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Api tiba-tiba muncul di tengah persawahan di Desa Pagedangan, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Kejadian tersebut membuat heboh. Ternyata, api di tengah sawah itu berasal dari sumur tua eksplorasi minyak zaman Belanda.

"Jadi waktu akhir Desember itu sempat keluar semburan tapi berupa lumpur, gas, sama air, namun ini (semburan) berupa api," ujar Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Caya mengungkapkan, kobaran api di sumur eksplorasi minyak zaman Belanda tersebut, bukan milik PT Pertamina (Persero) EP (Eksplorasi dan Produksi), tapi disebut milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Ini bukan milik PT Pertamina tapi ini milik ESDM, jadi harus digarisbawahi. Ini milik Kementerian ESDM bukan milik PT Pertamina," kata Caya.

Dirinya menuturkan, dugaan sementara penyebab kejadian tersebut karena faktor alam.

Sebab, sumur minyak tersebut berumur tua, yakni eksplorasinya pada masa pemerintahan kolonial Belanda (Hindia Belanda).

"Ini muncul lagi karena pengaruh alam, karena ini sumurnya sumur tua zaman kolonial Belanda. Jadi, waktu akhir Desember itu sempat keluar semburan tapi semburannya waktu itu keluar lumpur, sama gas, sama air," ujar dia.

2 minggu keluar api

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasi Pemerintahan) Desa Sukaperna, Sulkhin Nurdin, mengungkapkan, api tersebut muncul sudah dua minggu lalu dan dibiarkan masyarakat.

Menurutnya hingga Sabtu pukul 19.00 WIB, kobaran api di sumur eksplorasi tersebut masih menyala dan sedikit berbau gas, jika mendekati lokasi.

Ia juga meminta pemerintah setempat segara menangani.

"Takut terjadi seperti di Balongan itu, terjadi ledakan kemudian api membesar memberi dampak kepada warga sekitar. Kami mau pemerintah setempat turun tangan," ujar Sulkhin.

Dirinya menambahkan, dari dampak sumur minyak eksplorasi di zaman Belanda tersebut, sawah-sawah milik warga di sekitar lokasi padinya rusak dan gagal panen.

Sebab, bulan ini masyarakat setempat sedang musim panen. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/03/201602378/heboh-api-muncul-di-tengah-persawahan-di-indramayu-ini-sumbernya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke