Salin Artikel

Tinjau Jembatan Putus di Magetan, Risma Minta Penanganan Banjir Surabaya Ditiru

Dalam kesempatan itu, Risma berharap Pemerintah Kabupaten Magetan menggunakan bronjong untuk membangunan tanggul dekat sungai sehingga tidak ambrol saat diterjang banjir.

Bronjong disebut Risma sudah dipakai sebagai tanggul sungai di Kota Surabaya, Jawa Timur, dan dianggap berhasil mencegah banjir.

“Kenapa Surabaya tidak banjir, Gresik banjir? Karena 23 kilometer (bantaran sungai) saya menggunakan ini (bronjong),” kata Risma yang juga mantan Wali Kota Surabaya di Magetan.

Menurut Risma, bronjong lebih baik menyesuaikan struktur tanah ketimbang struktur site pile yang bisa digunakan jadi tanggul bantaran sungai.

“Bronjong itu mengikuti struktur tanah karena tanahnya sangat (tidak) stabil. Ini cuma saran, nanti ada kajian dari teman di PU (pekerjaan umum)," kata Risma.

Sebelumnya diberitakan, banjir menggenangi 131 rumah dalam empat kecamatan di Magetan setelah diguyur hujan deras.

Banjir menyebabkan dapur dan kandang ternak milik warga terseret arus. Sebanyak delapan jembatan juga dilaporkan terputus.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/03/085952878/tinjau-jembatan-putus-di-magetan-risma-minta-penanganan-banjir-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke