Salin Artikel

Longsor di Madiun Akibat 7 Jam Hujan, Kandang Berisi Ribuan Ayam dan 17 Rumah Rusak

Tak hanya itu, belasan rumah warga dilaporkan rusak tertimpa tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun, Muhammad Zahrowi mengatakan lamanya hujan berdampak terjadinya banjir hingga menghanyutkan kandang berisi ribuan ayam.

Tanah hanya itu, hujan dengan intensitas tinggi itu juga berakibat 17 rumah milik warga tertimpa tanah longsor.

“Selain tanah longsor terdapat laporan bencana banjir dan air bah,” kata Zahrowi kepada Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Zahrowi mengatakan bencana itu bermula saat hujan lebat di wilayah lereng gunung wilis dan seluruh wilayah Kabupaten Madiun selama tujuh jaman Kamis (1/4/2021) sejak sore hari.

Akibat intensitas hujan yang lama hingga Jumat (2/4/2021) dinihari berdampak bencana di empat kecamatan yakni Gemarang, Dagangan, Kare dan Geger.

Kandang ternak kena longsor, korban rugi ratusan juta

Untuk Kecamatan Gemarang dilaporkan penahan tebing longsor. Tak hanya itu kandang ayam dan kandang sapi milik warga rusak diterjang banjir. Total kerugian akibat bencana itu mencapai Rp 320 juta.

Sementara di Kecamatan Dagangan, 17 rumah warga rusak tertimba tanah longsor. Kendati demikian dilaporkan tidak ada korban jiwa dan korban luka akibat longsoran tanah yang merusakan rumah warga.

“Dilaporkan juga talud dan cek dam ambrol setelah diterjang hujan yang lebat,” jelas Zahrowi.


Sementara itu di Kecamatan Kare hujan lebat dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan bencana longsor menutup ruas jalan kabupaten di Dusun Jurang Dengkeng, Desa Kare. Kondisi itu mengakibatkan ruas jalan putus total tidak dilewati kendaraan bermotor.

“Di Kecamatan Kare juga dilaporkan tiga titik longsor terdiri dua di Dusun Suweru, Desa Kare dan Desa Bodag,” jelas Zahrowi.

Zahrowi menambahkan luapan air sungai berdampak masuk ke ruas jalan perkampungan dengan ketinggian mencapai 15 cm.

Terhadap bencana itu, ruas jalan yang tertutup tanah longsor dievakuasi dengan alat berat. Sementara tanah longsor yang menimpa warga hari ini dilakukan pembersihan secara gotong royong masyarakat setempat bersama tim BPBD dan relawan.

Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban jiwa dan korban luka akibat bencana tanah longsor dan banjir. Kendati demikian warga diminta waspada bila terjadi hujan lebat dalam intensitas yang lama.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/02/144930178/longsor-di-madiun-akibat-7-jam-hujan-kandang-berisi-ribuan-ayam-dan-17

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke