Salin Artikel

Satu Jam Hujan Lebat, Wonogiri Dilanda Banjir dan Longsor, Jalan Desa Jadi Mirip Sungai

"Lima kecamatan yang terdampak banjir akibat hujan lebat kemarin yakni Jatiroto, Jatisrono, Sidoharjo, Jatipurno dan Nguntoronadi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Hariyanto, Jumat (2/4/2021). 

Bambang mengatakan banjir dan longsor di lima kecamatan itu bermula saat hujan lebat dengan durasi satu jam lebih terjadi sejak, Kamis (1/4/2021) sore. 

Akibat hujan tersebut fasilitas umum seperti sekolah, jalan desa dan pemukiman terendam banjir. Air banjir yang masuk ke sekolah dan pemukiman warga bersumber dari luapan sungai pascahujan lebat. 

Ia menyebutkan luapan sungai Janggan Jatiroto mengakibatkan  air dan lumpur menggenang di jalur jalan serta merusak areal lahan persawahan. 

"Luapan air dan lumpur sungai juga masuk ke sekolah dan areal lahan persawahan," kata Bambang. 

Mobil terseret arus gegara nekat terobos banjir

Tak hanya itu, satu unit mobil dilaporkan terseret arus di Desa Pesido, Kecamatan Jatiroto akibat menerobos luapan air sungai. Mobil terseret masuk lahan masyarakat sehingga tidak ada korban luka maupun korban jiwa. 

Untuk pemukiman yang  tergenang air banjir di lima kecamatan dilaporkan sebanyak 17 rumah. Ketinggian air yang masuk ke rumah warga mencapai 60 cm. 

Sementara dua rumah warga dilaporkan tertimbun longsoran tanah setelah hujan lebat berhenti. 

Terkait penanganannya, penghuni rumah yang terdampak banjir diungsikan di tetangga terdekat. 

Ia menambahkam banjir dan longsor tidak memakan korban jiwa dan korban luka. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/02/102837978/satu-jam-hujan-lebat-wonogiri-dilanda-banjir-dan-longsor-jalan-desa-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke