Salin Artikel

Sandiaga: Desa Wisata Kabupaten Semarang Akan Jadi Pendukung Destinasi Unggulan

UNGARAN, KOMPAS.com - Desa wisata di Kabupaten Semarang diproyeksikan menjadi pendukung destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah, seperti Borobudur, Taman Nasional Merapi, dan kawasan Dieng. Saat ini terdapat 55 desa wisata di Kabupaten Semarang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan untuk menunjang program tersebut akan dibangun infrastruktur.

"Kami dan kepala desa punya program bahwa di Desa Wisata Lerep ini akan ada program pendampingan sehingga SDM-nya bisa ada paket wisata, pembinaan di medsos untuk menangkap minat dari masyarakat," jelasnya, Kamis (1/4/2021).

Sandiaga mengatakan pengembangan Desa Wisara Lerep merupakan satu dari ratusan desa wisata.

"Kami sudah mencanangkan bahwa desa wisata akan menjadi program unggulan, jadi mohon izin juga Pak Gubernur, Pak Bupati kita akan banyak desa wisata," ungkapnya.

Dia optimistis desa wisata akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat di saat pandemi Covid-19.

"Kami lagi mendata di destinasi super prioritas Borobudur untuk kita sama-sama kembangkan agar masyarakat ekonominya bisa kembali bergerak, tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tambahnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh langkah yang dilakukan Kemenparekraf dalam memulihkan kembali wisata Jawa Tengah. Peningkatan SDM akan dilakukan bersamaan dengan perbaikan infrastruktur kawasan.

Dirinya berencana akan membangun jaringan bus yang terintegrasi dari tengah kota menuju setiap desa wisata di Jawa Tengah.

"Tujuannya agar desa wisata yang lokasinya terpencil, seperti Desa Wisata Lerep dapat diakses dengan mudah oleh para wisatawan," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/231701878/sandiaga-desa-wisata-kabupaten-semarang-akan-jadi-pendukung-destinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke