Salin Artikel

Tinjau Sejumlah Gereja, Wali Kota Eri Cahyadi Jamin Keamanan Ibadah Paskah di Surabaya

Eri dan jajaran Pemkot Surabaya mengunjungi Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuno, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen, dan Gereja Katolik Kristus Raja Surabaya di Jalan Residen Sudirman, Kamis (1/4/2021).

"Kami datang ke sini (gereja) untuk memberikan support. Surabaya adalah kota yang penuh toleransi. Kami bersinergi dengan jajajaran Forkopimda bersinergi untuk mewujudkan kenyamanan bagi warga Kota yang ingin beribadah," kata Eri saat meninjau sejumlah gereja, Kamis.

Ia menegaskan, umat Kristen tak perlu khawatir untuk beribadah, karena gereja di Surabaya akan mendapat pengamanan ketat.

"Insya Allah keamanannya terjaga dan Pak Kapolres tadi pagi sudah memerintahkan pasukannya untuk mengecek keamanan semua di seluruh gereja," ujar Eri.

Dalam pantauannya ke sejumlah gereja, Eri menyebut, sarana pendukung penerapan protokol kesehatan sudah tersedia.

Ia berharap, Surabaya tetap menjadi kota yang nyaman dan aman untuk beribadah, terutama bagi umat Kristen.

Ia meminta protokol kesehatan diterapkan secara ketat saat beribadah. Jika kapasitas gereja sebanyak 2.000 orang, yang diizinkan beribadah dibatasi menjadi 375 jemaah.

"Sehingga gereja tetap menjalankan ibadah, tapi tetap menjalankan dan memperketat protokol kesehatannya, itu yang sudah dilakukan pemkot, forkopimda dan dari gereja-gereja," kata Eri.

Pengamanan ekstra juga dilakukan mengingat rangkaian serangan teror yang terjadi sepekan terakhir.

"Insya Allah tadi sudah pengamanan, tadi pengamanan parkir mobil, parkir motor tidak dalam satu tempat, tapi di tempat berbeda, jadi ada jarak sebelum pintu masuk," kata dia.


"Jadi, saat parkir motor dan mobil, kita (petugas keamanan) sudah cek duluan, setelah itu baru masuk area dalam gereja," ujar Eri.

Tim pengamanan gereja dari TNI dan Polri, kata dia, memastikan keamanan di seluruh gereja di Surabaya.

"Kami forkopimda Surabaya sepenuh hati, kami bersama-sama bergandeng tangan untuk memberikan kenyamanan umat Nasrani yang menjalankan Paskah besok (Jumat), kata Eri.

Ia meminta masyarakat tak takut ke gereja karena Pemkot Surabaya telah menjamin keamanan dan kenyamanan ibadah Paskah.

"Kami sampaikan kepada warga umat nasrani, jangan takut untuk datang beribadah, karena ibadah kepada Tuhan itu yang menyelamatkan kita," kata Eri.

Eri juga meminta jemaah mendoakan kedamaian Kota Surabaya.

"Kami mohon, besok pada Jumat Paskah, kami juga mohon doanya. Semoga Surabaya tetap jadi kota yang adem, kota yang tenang, dan Surabaya semakin dijauhkan dari Covid-19," ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/220517278/tinjau-sejumlah-gereja-wali-kota-eri-cahyadi-jamin-keamanan-ibadah-paskah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke