Salin Artikel

Amankan Paskah, Polisi Libatkan Anjing Pelacak Sterilisasi Gereja di Wonogiri

WONOGIRI, KOMPAS.com - Polres Wonogiri mengantisipasi ancaman teror pascaaksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, beberapa waktu lalu.

"Kami gencar patroli dan sterilisasi gereja dengan menggunakan alat metal detector dan anjing pelacak," kata Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Kamis (1/4/2021).

Menurut Tobing, sterilisasi dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan kepada para umat Nasrani yang akan melaksanakan serangkaian kegiatan perayaan Paskah 2021.

Ia menyebut tempat ibadah umat Nasrani yang disterilisasi oleh tim gabungan Polres Wonogiri, meliputi Gereja Kristen Jawa di Kota Wonogiri yang berlokasi di Lingkungan Sanggrahan dan di Kelurahan Wonokarto.

Kemudian di Gereja Kristen Indonesia (GK) di Jalan Pelem, Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul di Jalan Murtipranoto sisi timur laut Kantor Bupati Wonogiri, dan Gereja Bethel Indonesia Tiberias. 

Untuk sterilisasi gereja di luar Kota Wonogiri, kata dia, akan dilakukan oleh masing-masing jajaran polsek setempat.

Tak hanya itu, tim juga melakukan pengamanan di sejumlah obyek vital (obvit) seperti  stasiun kereta api, terminal bus, terminal angkudes dan terminal angkot, kantor, pertokoan dan pasar.

"Upaya pengamanan ini kami lakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Utamanya terhadap kemunculan gangguan Kamtibmas dari pihak-pihak yang berkeinginan mengacaukan suasana perayaan Paskah 2021," kata Tobing.

Dia menambahkan, unit-unit satuan yang terlibat dalam tim gabungan pengamanan Paskah, terdiri atas para personel Samapta (Timsus Harimau), bersama unit lain.

Khusus untuk unit K-9 yang menyertakan anjing pelacak melibatkan Brigadir Rangga dan Bripda Kurniawan, sebagai personel yang akan membawa anjing Delly, Labrador dan Male.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/134622778/amankan-paskah-polisi-libatkan-anjing-pelacak-sterilisasi-gereja-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke