Salin Artikel

Cerita Nyoman Nuarta Pemenang Lomba Desain Istana Negara Baru: Sayap Garuda Akan Membentang 200 Meter, Tinggi 76 Meter

Nuarta mengatakan, sosok burung Garuda yang menjadi inti dari arsitektur Istana Negara akan mengikuti pola-pola sebagaimana telah ditetapkan oleh para founding fathers Indonesia.

"Sayap Garuda akan membentang sejauh 200 meter dengan tinggi mencapai 76 meter," ujar Nyoman Nuarta dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Selain itu, bulu-bulu pada masing-masing sayap Garuda akan berjumlah 17 helai, 8 helai pada bagian ekor, 19 helai pada pangkal ekor, serta 45 helai bulu pada bagian leher.

Karena itu, Garuda pada Istana Negara akan mewujudkan tanggal 17-8-1945 atau hari dimana Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

"Angka 76 meter, tak lain sebagai pengingat bahwa ground breaking yang menandai dimulainya pembangunan Istana Negara dilakukan saat Indonesia menapaki usia 76 tahun," ucap dia.

Dalam tubuh patung Garuda, nantinya presiden akan berkantor. Ditambah dengan unsur-unsur pendukung seperti sekretariat negara, sekretaris kabinet, dan kantor staf presiden.

Jadi, wujud burung Garuda, tidak berhenti sebagai sosok patung yang besar, tetapi menjadi karya arsitektural yang memadukan seni dan struktur bangunan gedung.

Sementara itu, perwakilan NuArt Consultant Bandung, Joan Arcana mengatakan, pihaknya diberi waktu satu bulan untuk membentuk tim ahli dari berbagai bidang dan penyempurnaan desain.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/060918378/cerita-nyoman-nuarta-pemenang-lomba-desain-istana-negara-baru-sayap-garuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke