Salin Artikel

Sedang Mencangkul, Petani Jepara Temukan Ratusan Koin Kepeng Seberat 2 Kilogram, Diduga Peninggalan China

JEPARA, KOMPAS.com - Ratusan koin kepeng seberat 2 kilogram yang diduga peninggalan China kuno ditemukan terkubur di lahan pertanian kawasan Perhutani di Desa Kaligarang, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Koin bersejarah berbentuk bundar dengan lubang di tengahnya tersebut masing-masing terukir aksara China.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Ida Lestari, mengatakan koin-koin klasik itu ditemukan oleh Muhammad Asri, seorang petani asal Desa Kaligarang yang menggarap lahan Perhutani setempat.

Saat mencangkul tanah, kata Ida, Asri tak sengaja menjumpai guci kecil yang ternyata berisikan ratusan koin klasik tersebut.

Ratusan koin itu, kata ida, diperkirakan adalah cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi. 

Kondisi koin-koin pun sudah berkarat karena faktor usia dan jamak yang sudah saling menempel karena terpendam dari masa ke masa. 

"Uang kepeng yang diduga peninggalan China kuno itu ditemukan selasa pekan lalu. Namun baru diserahkan ke Disparbud pekan ini," jelas Ida saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Kamis (25/3/2021).

Dijelaskan Ida, penemuan koin kepeng yang diduga peninggalan leluhur China sudah beberapa kali terjadi di Kabupaten Jepara.

Dari sejarah tercatat, Kabupaten Jepara dahulunya merupakan pusat perdagangan untuk jalur transportasi laut pada abad ke-16 atau era kerajaan Demak.

Ratusan koin kepeng yang ditemukan diduga merupakan alat pembayaran yang sah pada saat itu.

"Dahulu Jepara sejarahnya adalah pusat perdagangan dan pelabuhan tempat singgah para pedagang dari berbagai negara termasuk China. Koin kepeng tersebut diduga adalah alat tukar menukar saat itu," ungkap Ida.

Saat ini, ratusan uang kepeng tersebut sementara disimpan di Museum Kartini Jepara.

Namun, sejumlah sampel koin kepeng sudah diserahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk diteliti lebih lanjut.

"Dibawa ke BPCB untuk diteliti," terang Ida.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/192317178/sedang-mencangkul-petani-jepara-temukan-ratusan-koin-kepeng-seberat-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke