Salin Artikel

Bunyi Ledakan Kembali Terdengar di Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Puluhan Orang Kembali Diungsikan

Bunyi ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 09.15 WIB dan terdengar warga sekitar di area lokasi saat mereka berjaga dan melakukan aktifitas di rumah. Dampak ledakan tersebut beberapa orang kembali diungsikan.

"Kurang dari 70 orang mengungsi lagi dan bunyi ledakan tersebut takut membahayakan keselamatan mereka. Pengungsian menggunakan mini bus Pertamina," ujar warga Balongan, Nuralam (32).

 Ia mengatakan bunyi ledakan tangki tersebut membuat warga ketakutan karena menimbulkan getaran, sehingga warga sempat panik lalu banyak ke luar ke rumah menjauh dari lokasi sumber ledakan.

"Bunyinya mengagetkan. Tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa karena bunyi ledakan tidak terlalu besar seperti hari pertama kemarin," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Balongan, Dedi Hidayat, menjelaskan, bunyi ledakan tersebut tidak membahayakan karena itu merupakan dampak dari pemadaman kebakaran api tangki kilang.

Dedi mengaku ia berkoordinasi dengan petugas pemadaman dari PT Pertamina (Persero) bahwa ledakan tersebut tidak membahayakan karena hal itu merupakan proses pemadaman api dari material bangunan tangki.

"Warga jangan panik. Tidak apa-apa ini hanya ledakan pemadaman. Dan kini apinya sudah mengecil jadi jangan panik, jadi jangan salah paham apalagi info-info tidak benar," tutur Dedi Hidayat.

Akibat bunyi ledakan tersebut, sejumlah warga di sekitar lokasi ledakan tangki kini telah diungsikan lagi ke GOR Bumi Patra Balongan Indramayu, dan petugas pemadam kini masih terlihat menjinakkan api di kebakaran tangki minyak.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/144546878/bunyi-ledakan-kembali-terdengar-di-kebakaran-kilang-minyak-balongan-puluhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke