Salin Artikel

Adik Sri Sultan HB X, KGPH Hadiwinoto, Meninggal Dunia

Gusti Hadi, sapaan KGPH Hadiwinoto, meninggal dalam usia 72 tahun pada Rabu (31/3/2021) pagi.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, Gusti Hadi tutup usia di Rumah Sakit Umum Pusat dr Sardjito, Sleman.

"Ya benar, belum tahu jamnya (meninggal) baru dapat kabar dari Gusti Mangkubumi. Di Sardjito (meninggal) belum tahu mau dimakamkan di mana karena saat ini masih di rumah sakit," kata Aji saat dihubungi.

Kabar meninggalnya Gusti Hadi, disebut Aji, cukup mengejutkannya. Pasalnya, baru tiga hari yang lalu, Aji dan adik HB X itu menggelar rapat tentang tanah Kesultanan Yogyakarta. 

"Di ruang rapat saya masih dangan (sehat) tidak keliatan gerah (sakit)," sebut Aji.

Aji mengenang Gusti Hadi sebagai sosok yang rendah hati.

Selama ini Pemerintah DIY selalu menjadikan Gusti Hadi sebagai rujukan untuk masalah pertanahan.

"Penguasaan di bidang beliau sangat mumpuni, menjadi kamus bagi kami soal pertanahan khususnya tanah kasultanan sehingga tentu kami kehilangan beliau. Untuk mencari sosok yang penguasaan seperti beliau tidak mudah," jelas Aji.

Seperti diketahui, KGPH Hadiwinoto di Keraton Yogyakarta memiliki jabatan Penghageng Tepas Panitikismo Karaton Ngayogyakarta


Sementara itu, Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan menyampaikan, Gusti Hadi meninggal dunia pada hari ini sekitar 08.13 WIB.

"Sampun katimbalan (meninggal dunia) Gusti Hadi, adik Ngarso Dalem di RSUP Dr Sardjito pagi tadi. Saat ini jenazah masih di RSUP Dr Sardjito. Meninggal pada hari Rabu, 31 Maret 2021 jam 08.13 WIB," katanya.

Menurut Banu, KGPH Hadiwinoto meninggal dunia karena penyakit jantung. Sebelumnya, mendiang sudah menjalani perawatan sejak Senin (29/3/2021).

"Bukan karena Covid-19, jantung murni kok ini," tutur Banu.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/110809278/adik-sri-sultan-hb-x-kgph-hadiwinoto-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke