Salin Artikel

Terduga Teroris yang Diciduk di Nganjuk Dikenal Tertutup, Ketua RT: Enggak Pernah Srawung

NGANJUK, KOMPAS.com – LA (25), pemuda terduga teroris yang diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Dusun Kentingan, Desa Puhkerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, dikenal tertutup.

Ketua RT 004 RW 001, Dusun Kentingan, Subur (48) menuturkan, LA bukanlah warga asli Kentingan.

LA berdomisili di Kentingan tiga tahun terakhir, usai yang bersangkutan menikah dengan warga setempat.

“Kalau di sini (LA) tani,” kata Subur saat ditemui Kompas.com  di kediamanya, Rabu (31/3/2021).

Menurut Subur, penampilan LA tidak ada yang mencurigakan.

Pakaian yang dikenakan LA sehari-hari juga sama seperti warga lainnya, tidak mencolok. Hanya saja pribadi LA dikenal tertutup.

“Kalau di rumah enggak pernah keluar. Pokoknya pulang langsung di rumah, enggak keluar. Jadi lingkungan enggak tahu, srawung-srawung (kumpul-kumpul) sama teman-teman enggak tahu. Jumatan juga enggak di sini,” ungkap Subur.

Tak hanya saat Jumatan, LA juga tidak pernah berbaur dengan jemaah mushala dan masjid di Kentingan. LA juga tidak pernah mengikuti acara tahlilan yang biasa dilakukan warga.

“Satu kali (ikut tahlilan) datang, terus lainnya itu enggak pernah datang. Kalau pas jumatan, itu ada suara (menjelang) jumatan langsung keluar, enggak jumatan di masjid sini,” sebut Subur.

Adapun LA, lanjut Subur, diamankan Tim Densus 88 saat yang bersangkutan berada di kebun, Selasa (30/3/2021) siang. Setelahnya Densus menggeledah rumah LA sore harinya.

“Katanya ada dua kantong kresek (yang diamankan Densus 88). Sekarang istrinya (LA) di rumahnya bapaknya,” pungkas dia.

Menyikapi warganya yang diciduk Tim Densus 88, Kepala Desa Puhkerep, Sumarno, langsung mengumpulkan tiga kepala dusun di wilayahnya. Ia tak ingin kejadian serupa terulang di kemudian hari.


“Rencana hari ini saya mengumpulkan kasun-kasun tiga dusun. Saya ajak omong-omongan bareng dan rencananya itu nanti kejadian ini harus yang pertama dan terakhir di Desa Puhkerep,” tutur Sumarno.

“Dan harapan saya ini ndak ada lagi lah, istilahnya gitu, dan langkah saya rencananya kegiatan-kegiatan hubungan antarwarga itu lebih direkatkan lagi. Jadi biar tahu kondisi warga itu kayak apa,” pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri mengamankan terduga teroris berinial LA (25) di Dusun Kentingan, Desa Puhkerep, Rejoso, Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 12.55 WIB.

Tim Densus 88 tidak hanya menggeledah rumah LA di Dusun Kentingan, mereka juga menggeledah rumah orangtua LA di Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/102007878/terduga-teroris-yang-diciduk-di-nganjuk-dikenal-tertutup-ketua-rt-enggak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke