Salin Artikel

Merapi Luncurkan Awan Panas, 9 Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu Tipis

Ini menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Merapi berupa luncuran awan panas pada Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 07.06 WIB.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan sebanyak 9 desa itu tersebar di 3 kecamatan, yaitu kecamatan Dukun, Srumbung, dan Sawangan.

Di Kecamatan Dukun meliputi Desa Sewukan, Sengi, Paten, Mangonsoka, dan Krinjing. Di Kecamatan Srumbung meliputi Desa Srumbung, Kradenan dan Bringin.

Sedangkan di Kecamatan Sawangan hujan abu hanya terjadi di Desa Krogowanan.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat yang masuk di Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, dampak dari awan panas guguran Merapi tersebut terjadi hujan abu tipis di wilayah tersebut," jelas Edy, dalam keterangan pers tertulis, Selasa (30/3/2021).

Dikatakan, hujan secara umum wilayah KRB (Kawasan Rawan Bencana) III Kabupaten Magelang masih aman dan kondusif serta tidak ada dampak hujan abu yang signifikan.

"Sejauh ini masyarakat tetap melakukan kegiatan aktivitas seperti biasa. Hujan abu yang turun juga berangsur reda," ucap Edy.

Dari hasil pantauannya dari KRB III Kabupaten Magelang, lanjut Edy, saat ini visual merapi tertutup kabut dan cuaca berawan-hujan ringan.

Masyarakat yang berada di wilayah KRB III diimbau untuk tetap memantau informasi dari BPPTKG maupun pihak berwenang terkait perkembangan Gunung Merapi.


Sementara itu, seorang warga Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Ismanto mengatakan, hujan abu tipis terjadi di desanya Selasa (30/3/2021) pagi.

Saat itu warga setempat sedang kerja bakti lingkungan.

"Iya hujan abu tipis, kami sedang kerja bakti di makam di bantaran Sungai Trinsing tiba-tiba hujan abu. Tadi warga yang mau pulang akhirnya tetap berlanjut kerja baktinya," kata Ismanto.

Menurutnya, abu vulkanis merapi tampak menempel di dedaunan, pakaian, topi, dan halaman. Warga juga masih beraktivitas normal seperti biasanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/30/145346978/merapi-luncurkan-awan-panas-9-desa-di-magelang-diguyur-hujan-abu-tipis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke