Salin Artikel

2 Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar, Makam Terpaksa Dibongkar, Ini Ceritanya

Petugas makam terpaksa membongkar liang lahat untuk menukar jenazah.

Pembongkaran makam terjadi karena ada kesalahan pengiriman jenazah dua pasien Covid-19 dari Rumah Sakit Darmayu Ponorogo berinisial An (36) asal Surodikraman, dengan Ag (45) asal Desa Kapuran Badegan, Ponorogo.

"Jenazahnya sudah dimakamkan selama empat jam. Karena tertukar terpaksa dibongkar," kata Petugas BPBD Ponorogo Arim Kamandaka, dikutip dari Tribun Madura, Rabu (24/3/2021).

Mengutip Kompas TV, Kepala BPBD Ponorogo Imam Bashori menjelaskan, Rabu pukul 08.00 WIB, petugas pemakaman dari BPBD Ponorogo mendapatkan informasi dari rumah sakit bahwa ada pasien Covid-19 berinisial meninggal.

Petuga kemudian bersiap di TPU Bibis, Kelurahan, untuk memakamkan jenazah yang diketahui berinisial An.

Ambulans dari rumah sakit tiba dan petugas langsung memakamkan jenazah pasien tersebut.

Namun, pukul 12.45 WIB petugas pemakaman mendapat informasi dari petugas Puskesmas Ponorogo Selatan bahwa jenazah pasien tertukar.

Setelah melakukan koordinasi antara petugas pemakaman, manajemen RS Darmayu, serta beberapa pihak lain, diputuskan bahwa makam tersebut dibongkar.


Pihak rumah sakit mengaku ada kesalahan komunikasi pada bagian pemulasaraan dan pengiriman peti jenazah ke ambulans.

Pihaknya berjanji memperbaiki kinerja dan SDM petugas agar kesalahan serupa tidak terulang.

"(untuk) evaluasi kami akan penataan ke dalam. Namanya evaluasi kita butuhkan untuk pelayanan kita, baik SDM dan komunikasi dengan pihak terkait," ujar Direktur RS Darmayu Ponorogo Djemira dikutip dari Kompas TV.

Dua jenazah pasien Covid-19 tersebut telah dimakamkan sesuai alamat masing-masing yaitu di Kelurahan Surodikraman dan Desa Kapuran Ponorogo.

Artikel ini telah tayang di Tribunmadura.com dengan judul: BREAKING NEWS - Dua Jenazah Pasien Covid-19 di Ponorogo Tertukar, Petugas Langsung Bongkar Makam

https://regional.kompas.com/read/2021/03/26/181525378/2-jenazah-pasien-covid-19-tertukar-makam-terpaksa-dibongkar-ini-ceritanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke