Salin Artikel

Dinkes Kota Tegal Siapkan Ambulans Jemput Pedagang yang Menolak Vaksin

TEGAL, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Tegal, Jawa Tengah, menerjunkan ambulans untuk menjemput para pedagang Pasar Langon yang menolak vaksin, Kamis (25/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Prima Indraswari mengatakan, langkah tersebut sebagai bentuk inovasi untuk mengajak dan memudahkan pedagang mendapatkan suntikan vaksin.

Meski sudah difasilitasi, dia mengaku masih ada pedagang yang menolak untuk divaksin.

"Tapi terus kita akan sosialisasi untuk memberikan pemahaman," katanya kepada wartawan, Kamis.

Sementara itu, Kepala Pasar Langon Untung Santoso menyebut, hingga hari ketiga total baru 19 pedagang yang sudah divaksin.

"Hari ini 9 pedagang, kemarin dua hari sejak Senin hanya 10 orang saja," kata Untung di Pasar Langon, pasar terbesar di Kecamatan Tegal Timur.

Untung menyebut, rata-rata pedagang takut akan efek samping yang ditimbulkan dari vaksinasi Covid-19.

"Sasarannya di pasar ini sebenarnya 200 pedagang lebih," katanya.

Untung menduga, para pedagang yang menolak vaksin karena terpengaruh berita hoaks soal keamanan dan kehalalan vaksin.

"Mungkin termakan hoaks. Maka kami beri pengetahuan, petunjuk, bahwa vaksin itu memberikan kekebalan. Utamanya untuk usia 50 tahun ke atas," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kota Tegal diprioritaskan bagi pelayan publik dan pedagang pasar yang berusia lanjut (lansia).

Namun, pedagang yang rata-rata di usia 60 tahun ke atas justru banyak yang enggan divaksin dengan berbagai alasan.

Salah satu pedagang yang mengikuti vaksin di Puskesmas Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Sri Mulyani (32) mengaku menjalani vaksinasi Covid-19 setelah kuota bagi lansia yang menjadi prioritas masih banyak tersedia.

"Padahal prioritas lansia. Namun yang datang hanya sembilan orang. Katanya takut, pada tidak mau. Akhirnya ini yang maju (divaksin) yang muda-muda," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/25/151326378/dinkes-kota-tegal-siapkan-ambulans-jemput-pedagang-yang-menolak-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke