Salin Artikel

2.272 Mahasiswa Baru Lolos SNMPTN di Unej, Ini Prodi yang Paling Diminati

JEMBER, KOMPAS.com - Universitas Jember menerima 22.531 pelajar yang mendaftarkan diri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Namun, yang diterima hanya sebanyak 2.272 mahasiswa baru (maba).

Unej menjadi PTN nomor delapan yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN.

Dari ribuan pendaftar itu, ada beberapa prodi yag paling diminati oleh para pendaftar.

Program Studi (Prodi) yang paling diminati di Unej yakni rumpun sains teknologi.

Peringkat pertama adalah Prodi Farmasi dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.342 siswa. Sementara kursi yang tersedia hanya 48.

Peringkat kedua yang paling diminati yakni prodi ilmu keperawatan sebanyak 1.199 pendaftar. Sementara kursi yang tersedia hanya 60.

Peringkat ketiga ditempati oleh Prodi Pendidikan Dokter dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.014 siswa. Sementara kuota yang tersedia hanya hanya untuk 28 orang.

Kemudian, peringkat keempat yakni Prodi Kesehatan Masyarakat dan peringkat kelima Prodi Pendidikan Dokter Gigi.

“Sementara di rumpun Sosial Humaniora, peringkat pertama prodi manajemen dengan pendaftar mencapai 1.260 siswa,” kata Wakil Rektor I Universitas Jember bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Slamin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/3/2021).


Setelah itu, peringkat kedua di rumpun Soshum tersebut adalah Prodi Ilmu Hukum dengan peminat sebanyak 844 peserta. Sedangkan kuota sebanyak 135 kursi.

Peringkat ketiga yakni Prodi Pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dengan jumlah pendaftar sebanyak 759 pelajar. Sedangkan kuota yang ada hanya untuk 40 kursi.

“Prodi akuntansi dan ilmu administrasi bisnis di urutan keempat dan kelima,” tambah Slamin.

Dia meminta para mahasiswa baru yang lulus SNMPTN itu untuk memperhatikan langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Yakni wajib mengikuti kegiatan verifikasi berkas pada 24 Maret hingga 2 April 2021. Kemudian registrasi pada 7 hingga 16 April 2021 secara daring.

Para pelajar yang tidak lolos di jalur SNMPTN masih memiliki kesempatan studi di PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 1 April 2021 nanti.

“Silahkan membaca pedoman pendaftarannya seperti yang ada di laman resmi LTMPT,” ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/22/143504778/2272-mahasiswa-baru-lolos-snmptn-di-unej-ini-prodi-yang-paling-diminati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke