Salin Artikel

Pasien RSJ Diduga Asep Sikap Sempurna Saat Dengar Lagu Brimob, Panggil Polisi Berseragam Senior

Namun, pria itu langsung melakukan sikap sempurna saat diperdengarkan lagu Brimob.

"Saat ditemukan pertama oleh rekan seangkatan, memang diduga Asep tidak mengenal mereka. Tapi dinyanyikan lagu Brimob, Asep langsung sikap sempurna dan terlihat seperti mengikuti rekannya bernyayi. Tapi suaranya tidak jelas hanya mendengungkan saja," kata Winardy kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Selain itu, saat bertemu dengan anggota polisi berseragam, pasien tersebut langsung memanggilnya dengan sebutan senior.

Namun, untuk benar-benar mengetahui identitas pasien tersebut, Polda Aceh masih harus menunggu hasil tes DNA pasien tersebut.

"Ciri fisik Asep sudah ditemukan pada pasien yang diberi nama Zainal Abidin. Memang ada perbedaan karena perawakannya sekarang sudah lebih kurus dan sudah berumur, itu menjadi pertimbangan. Tetapi, kita sudah mencocokkan 80 persen ciri fisik yang disebutkan saudaranya ada di Asep yang sekarang diberi nama Zainal Abidin," kata Winardy.

Sebelumnya diberitakan, Asep yang merupakan anggota Brimob dinyatakan hilang saat tsunami di Aceh 2004. Ketika itu Asep berpangkat ajun brigadir polisi (Abrip).


Belasan tahun tak ada kabar, Asep pun dikira telah meninggal dunia hingga keluarga di Lampung menggelar upacara kematian.

Asep juga telah mendapatkan kenaikan pangkat anumerta. Namun, belakangan, sosok pria diduga Asep ditemukan di RSJ dalam kondisi gangguan jiwa.

Keluarga yakin bahwa pasien RSJ tersebut merupakan Asep.

Keyakinan ini karena ada dua tanda khusus yang ada di tubuh pasien tersebut mirip dengan yang dimiliki Asep.

"Ada tanda-tandanya, di kening sama telinga," kata Edi, kakak ipar Asep. (Penulis Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/21/052000478/pasien-rsj-diduga-asep-sikap-sempurna-saat-dengar-lagu-brimob-panggil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke