Salin Artikel

Lebih dari 1.000 Calon Haji Banyumas Diprioritaskan Divaksin Covid-19

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, vakasinasi untuk calhaj telah dimulai secara bertahap, bersamaan dengan vaksinasi untuk lansia.

"Calhaj termasuk yang prioritas, karena kami diberi surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memprioritaskan calhaj," kata Sadiyanto sesuai Pelantikan Pengurus PMI di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (20/3/2021).

Sadiyanto mengatakan, di Banyumas ada lebih dari 1.000 calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Seluruh calhaj nanti akan kami vaksin. Sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu, tapi saya tidak hafal berapa yang sudah divaksin," ujar Sadiyanto.

Lebih lanjut Sadiyanto mengatakan, hingga saat ini terdapat sekitar 30.000 warga yang telah divaksin dari total yang diusulkan sebanyak 1.176.000 orang.

"Untuk lansia sudah sekitar 10.000 yang divaksin, tenaga kesehatan sekitar 13.000," kata Sadiyanto.

Untuk kategori lansia, kata Sadiyanto, dibagi dua, yaitu masyarakat umum dan pelayan publik.

"Kami mengikuti arahan dari pusat, lansia yang masyarakat umum yaitu yang berusia di atas 60 tahun dan lansia pelayanan publik yaitu yang berusia di atas 50 tahun," jelas Sadiyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/20/154824378/lebih-dari-1000-calon-haji-banyumas-diprioritaskan-divaksin-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke