Salin Artikel

Kondisi Polisi Korban Tsunami Sebelum Masuk RSJ: Linglung, Postur Tubuh Seperti Polisi, Tak Menganggu Orang

Warga Desa Pajar, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya ternyata masih mengingat awal keberadaan pria tersebut di desa mereka.

Pria yang diduga Asep itu linglung dan telantar hingga satu bulan di Desa Pajar, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya hingga akhirnya masuk RSJ.

Namun, rupanya warga hingga kepala desa saat ini sudah mengira Asep adalah anggota polisi.

Warga pun sudah mengira pria tersebut adalah polisi karena postur tubuhnya bagus.

Namun memang kondisinya tidak terawat hingga rambutnya panjang tak terurus.

"Orangnya tidak mengganggu, postur tubuhnya bagus seperti anggota memang, putih, tapi saat diantar dulu rambutnya panjang tak terurus. Sekarang kita lihatkan di foto yang beredar, bersih dan sudah berumur," kata Lizar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/3/2021).

"Menurut cerita warga, sebelum anak muda yang telantar dalam kondisi hilang ingatan diantarkan ke RSJ Banda Aceh oleh almarhum Jauhari US, kepala desa masa itu, diduga Asep itu sempat telantar di desa kami selama satu bulan. Karena kasihan, tidak ada yang urus, sehingga diantarkan ke RSJ," kata Lizar.

Lizar pun berharap pasien RSJ itu betul-betul Asep.

"Semoga saja pasien itu benar Asep. Kasihan dia sudah sekilan lama berpisah dengan keluarga. Memang data di RSJ, pasien alamatnya desa kami, tapi tidak ada keluarga dan yang mengenalnya," ucapnya.

Namun karena tidak ada yang mengakui, pasien itu kembali dibawa ke RSJ.

"Tahun 2016 sempat dipulangkan ke desa tapi tidak ada keluarganya di sini, sehingga dibawa pulang. Saya pun tidak berani mengeluarkan BPJS untuk pasien, karena takut bermasalah," kata Lizar, Kamis (18/03/2021).

Beberapa waktu terakhir saat pihak RSJ ingin mengantar pasien itu, Lizar teringat ada sejumlah orang mencari keluarganya yang hilang pada 2014.

"Saya teringat tahun 2014 ada yang mengaku keluarga Brimob mencari anaknya. Makanya coba sampaikan ke salah satu anggota Brimob yang saya kenal di sini untuk ditelusuri mungkin benar pasien itu yang dicari oleh keluargya," kata Lizar.

Hingga akhirnya salah seorang rekan yang mengenal Asep mendatangi pasien RSJ itu.

Yakin itu adalah temannya yang dulu hilang, anggota polisi tersebut membuat sebuah video dan viral.

Video menggambarkan anggota Polda Aceh yang mengaku seangkatan dengan Asep. Video tersebut viral di media sosial sejak Rabu (17/3/2021).

"Alhamdulillah Asep letting kita telah ditemukan, namun pasien yang diduga Baharaka Asep oleh rekannya itu tampak terlihat bingung tanpa ekspresi karena Asep merupakan pasien gangguan jiwa," ujar dia dalam video itu.

Sedangkan keluarga Asep di Lampung meyakini jika pria itu adalah Abrip Asep.

Sebab, dari foto yang ditunjukkan, ada ciri-ciri yang memang dimiliki oleh Asep, anggota keluarga mereka.

Sumber: Kompas.com (Penulis : Raja Umar, Tri Purna Jaya | Editor : Farid Assifa, Abba Gabrilin, Aprilia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/20/061500078/kondisi-polisi-korban-tsunami-sebelum-masuk-rsj--linglung-postur-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke