Salin Artikel

Ini Tarif Terbaru, Masa Berlaku, dan Jadwal Tes GeNose di Stasiun Malang

Kenaikan tarif itu akan berlaku terhitung sejak Sabtu (20/3/2021).

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, kenaikan tarif untuk peningkatan pelayanan pemeriksaan.

Masih banyak stasiun yang harus diberikan pelayanan pemeriksaan GeNose.

"Kenaikan mulai besok tanggal 20 Maret 2021. Kenapa naik, itu adalah untuk meningkatkan layanan kami sekaligus menambah jumlah layanan tes GeNose di stasiun lainnya yang belum. Seperti Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, ini on progress," katanya melalui sambungan telepon, Jumat (19/3/2021).

Terintegrasi

Luqman mengatakan, hasil tes GeNose nantinya akan masuk dalam sistem perkeretaapian. Sehingga hasil pemeriksaan itu menjadi terintegrasi.

"Hasil GeNose nanti masuk ke dalam sistem kami. Jadi penumpang yang memiliki hasil tes GeNose tersebut bisa digunakan naik kereta api di stasiun manapun selama masa berlaku masih sesuai dengan ketentuan," katanya.


Hasil tes GeNose berlaku selama 3x24 jam ketika hari aktif dan 1x24 jam ketika hari libur dan hari besar keagamaan.

Jadwal

Sementara itu, mayoritas penumpang di Stasiun Malang menggunakan pemeriksaan GeNose sebagai persyarakat memulai perjalan melalui kereta. Hanya sedikit yang menggunakan rapid tes antigen.

"Secara jumlah memang mayoritas pakai GeNose. Rata-rata 300 penumpang di Stasiun Malang dalam sehari yang menggunakan GeNose dan yang rapid tes antigen itu sekitar 23 sampai 30 penumpang," katanya.

Penumpang dibebaskan memilih antara memakai pemeriksaan GeNose atau rapid tes antigen.

Stasiun Malang mulai melayani pemeriksaan GeNose sejak Minggu (28/2/2021).

Pelayanan pemeriksaan sesuai dengan jam operasional stasiun, mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/142437378/ini-tarif-terbaru-masa-berlaku-dan-jadwal-tes-genose-di-stasiun-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke