Salin Artikel

Wali Kota Serang Izinkan Warga Mudik, Meski Takut Kasus Covid-19 Bertambah

Syafrudin mengatakan, masyarakat yang akan pulang kampung agar disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sebab, arus mudik tahun ini diperkirakan  masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Kalau pemerintah pusat tidak melarang (berarti dibolehkan). Kalau kita melarang ya kita salah," kata Syafrudin kepada wartawan usai menghadiri Musrembang RPJMD 2018-2023. Kamis (18/3/2021).

Meski mudik diperbolehkan, Syafrudin tetap mengkhawatirkan penyebaran Covid-19 tidak terkendali.

Untuk itu, Pemerintah Kota Serang melakukan sejumlah upaya pengetatan untuk menekan terjadinya penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

"Sebenernya kalau urusan takut (Covid-19), semua orang pasti takut. Tapi tetep kita (harus) terapkan protokol kesehatan yang baik. Jadi jangan sampai kita di rumah saja tidak beraktifitas," ujar Syafrudin.

Bahkan, Pemkot Serang akan menerbitkan surat edaran terkait mudik lebaran 2021.

"Iya kita buatkan (surat edaran)," tandas Syafrudin.


Sebelumnya, melalui unggahan Instagram Menhub Budi Karya Sumadi @budikaryas, Selasa (16/3/2021).

Kemenhub akan berkonsultasi dengan sejumlah pihak untuk meminimalisasi persebaran virus corona selama musim mudik nanti.

Salah satunya adalah dengan memperketat syarat perjalanan mudik Lebaran 2021, yang berarti tidak seperti persyaratan perjalanan di masa pandemi yang sudah diberlakukan sebelumnya.

Jika biasanya, seseorang yang hendak bepergian harus menerapkan protokol kesehatan dan menunjukkan hasil tes Covid-19 yang berlaku dalam 3x24 jam, maka untuk mudik Lebaran 2021 nanti syarat-syaratnya akan sedikit berbeda.

Sebelum, selama, dan setelah perjalanan, masyarakat juga harus menunjukkan hasil uji Covid-19 yang masa berlakunya akan dipersingkat.

"Kami pun akan berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperketat syarat perjalanan, yaitu dengan mempersingkat masa berlaku alat screening Covid-19, seperti GeNose, Rapid Test Antigen, atau PCR Test," kata Budi.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/085000878/wali-kota-serang-izinkan-warga-mudik-meski-takut-kasus-covid-19-bertambah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke