Salin Artikel

Tips Sukses Jualan Boneka "Plushie", Satu Karakter Satu Boneka dan Diberi Cerita Unik

Agar menarik pembeli, sang pemilik memberikan cerita di setiap karakter boneka plushie produknya.

Dengan demikian, produk boneka plushie yang dibuat Ciprut Craft sangat eksklusif. Hanya satu desain untuk satu produk. Semuanya dibuat dengan manual (handmade).

Owner Ciprut Craft, Siti Nuraisyah (Ayis) mengatakan, usaha UMKM miliknya itu lahir dengan produk berupa boneka (plushie), souvenir, sampai tas sejak Maret 2012 lalu.

Dibuat terbatas

“Produk utama Ciprut Craft adalah plushie, dimana satu karakter hanya dibuat satu boneka. Ini menjadikan tiap plushie Ciprut Craft berbeda dan satu-satunya,” kata Ayis (33) di workshop-nya, Jumat (5/3/2021).

Setiap bulannya, kata Ayis, Ciprut Craft mengeluarkan satu seri plushie yang terdiri dari 8-12 karakter.

“Misalnya Seri Bajak Laut. Karakter yang dibuat, terdiri dari beberapa plushie bajak laut yang berbeda, disertai plushie 1-2 penduduk suatu pulau, sampai ke ikan paus dan burung kakaktua yang biasa bertengger di salah satu bajak laut,” kata Ayis.

Diberi nama unik dan cerita penyerta

Tiap seri ini diberi nama yang unik, seperti dalam Seri Bajak Laut tersebut yang diberi nama “Dongki Mongki Island”. 

“Dalam setiap packaging-nya, disertakan kartu, semacam cerita, nama karakter boneka, dari seri tersebut,” kata ibu dua anak itu.


Tidak gunakan kata "beli" tapi "adopsi"

Dengan demikian, setiap plushie produk Ciprut Craft ini menjadi edisi koleksi. Ayis bahkan tidak menggunakan frasa  “beli” bagi produk yang dipasarkan, melainkan “adopsi”.

Ayis memasarkan produknya lebih banyak melalui daring, meski tidak menutup kemungkinan bagi calon konsumen datang ke workshop-nya yang berada di Rajabasa, Bandar Lampung.

Menurut Ayis, dari penjualan online kebanyakan produk Ciprut Craft laku di luar Lampung.

Berkat jualan daring, pembeli datang dari luar kota hingga luar negeri

Mulai dari provinsi di luar Lampung, Bali, Pontianak, bahkan ada pemesan dari Belanda, Australia, dan Prancis.

“Plushie Ciprut Craft ini adalah karya handmade yang orisinal. Kami secara perlahan mulai mem-branding bahwa plushie ini salah satu benda layak koleksi. Penamaan tiap plushie dan dari seri tertentu, ini yang membedakan dengan produk sejenis yang sudah ada,” kata Ayis.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/17/082353378/tips-sukses-jualan-boneka-plushie-satu-karakter-satu-boneka-dan-diberi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke