Salin Artikel

Kasus Ambil Paksa Jenazah Probable Covid-19 dengan Truk, Anak dan Adik Kandung Jadi Tersangka, Jenazah Negatif

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso mengatakan, polisi menaikkan status dua orang saksi menjadi tersangka.

Mereka adalah EH (40), dan KA (56). Keduanya anak kandung dan adik kandung dari pasien probable Covid-19 yang seorang wanita.

Rizki menambahkan, kedua tersangka dijerat Pasal 93 UU Karantina Kesehatan dengan ancaman maksimal 1 tahun penjara.

"Mereka melakukan pelanggaran dalam protokol kesehatan. Tersangka anak kandung dan adik kandung dari almarhumah. Mereka tidak ditahan, namun perkara tetap lanjut. Untuk peristiwa hukum penganiayaan (terhadap anggota Polri), masih butuh proses pendalaman terkait pelaku," kata Rizki, saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/3/2021).

Sementara, di tempat terpisah, jenazah probable Covid-19 yang sempat diperebutkan oleh warga Desa Lemah Kembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, ternyata negatif Covid-19. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Koordinator Penegak Hukum Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Menurut Ugas, saat masih dirawat pada Kamis (4/3/2021), L (61) menunjukkan beberapa gejala seperti Covid-19. 


Almarhumah meninggal keesokan harinya di hari Jumat dan akan dimakamkan dengan prokes karena probable Covid-19. Pihak keluarga tidak terima dan merebut paksa jenazahnya. 

"Setelah hasil tesnya keluar, ternyata L negatif Covid-19," ujar Ugas. 

Dirinya menyebut akan lebih memasifkan penyampaian edukasi kepada masyarakat agar hal seperti pengambilan paksa jenazah probable maupun positif Coid-19 tidak terjadi lagi. 

"Untuk medis lebih detail dan berhati-hati dalam menentukan hasil pemeriksaan awal pasien, dikhawatirkan hal serupa terjadi kembali,” ujar dia. 

Diberitakan sebelumnya, kasus pengambilan paksa jenazah probable Covid-19 oleh warga menggunakan truk di RS Wanolangan Dringu, Kabupaten Probolinggo, terus berlanjut.

Sebanyak tiga orang yang diketahui ikut andil dalam aksi bersedia menyerahkan diri ke Polres Probolinggo.

Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso, menyebut ketiga warga asal Kecamatan Sumberasih itu datang ke Mapolres Probolinggo pada Jumat (5/3/2021) malam.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/15/160818778/kasus-ambil-paksa-jenazah-probable-covid-19-dengan-truk-anak-dan-adik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke