Salin Artikel

Ikut KLB, 3 Ketua DPC Partai Demokrat di Sumsel Dipecat

Adapun tiga ketua DPC yang dipecat itu yakni kota Pagaralam, Ogan Ilir dan Musi Banyuasin (Muba).

Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPD Partai Demokrat Sumatera Selatan Firdaus Hasbullah mengatakan, dipecatnya tiga ketua DPC itu karena telah menyalahi aturan. 

Bahkan, keputusan resmi untuk memecat tiga ketua DPC itu telah telah dikeluarkan. 

"Mereka telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan AD/ART Partai Demokrat, kode etik dan keputusan-keputusan partai," kata Firdaus, Rabu (10/3/2021).

Firdaus menjelaskan, tiga ketua DPC yang dipecat itu telah diganti oleh kader Partai Demokrat lain.

Ketua DPC Demokrat Muba yang sebelumnya dijabat Hairul Ilyasa digantikan oleh Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel Nurwati Wahab. 

Kemudian, ketua DPC Ogan Ilir yang semula dipimpin Addinul Ikhsan digantikan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel Handry Pratama Putra. Sementara, untuk ketua DPC Demokrat Pagaralam saat ini masih kosong dan akan diganti oleh kader lain.

"Seluruh kader Partai Demokrat memegang sumpah setia kepada Agus Harimurti Yudhoyono selaku ketua partai. Untuk Pagaralam, masih menunggu pengganti," ujarnya.

Menurut Firdaus, pihaknya mengetahui tiga ketua DPC yang menghadiri KLB di Sumatera Utara itu dari apel siaga seluruh ketua DPC di Sumatera Selatan yang seharusnya diikuti 17 orang.

Namun, dalam kenyataannya, apel siaga dihadiri dihadiri 14 ketua DPC yang menyatakan sikap untuk tetap mendukung AHY.

"Setelah ditelusuri ternyata tiga ketua DPC ini sudah berada di Sumut untuk ikut KLB. Sehingga, malam itu juga kami langsung mengambil keputusan memecat ketiganya," jelasnya.

Selain itu, Firdaus meminta seluruh kader Partai Demokrat di Sumatera Selatan untuk tetap memberikan dukungan kepada AHY selaku ketua umum.

"Kader yang mengakui kesalahannya, ketua umum akan memaafkan sesuai dengan testimoni dua hari lalu di Jakarta. Tetapi, jika tidak mengakui, kita akan lakukan pemecatan," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/10/131104878/ikut-klb-3-ketua-dpc-partai-demokrat-di-sumsel-dipecat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke