Salin Artikel

Pemkot Solo Longgarkan PPKM Mikro, Bioskop dan Fasilitas Olahraga Boleh Buka

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah melonggarkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Bioskop, fasilitas olahraga, dan wayang orang diperbolehkan buka pada Selasa (9/3/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Ada beberapa aturan yang memang kami longgarkan. Karena berita baiknya di Solo itu sudah tidak ada zona merah, zona oranye," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditemui seusai memimpin Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/3/2021).

"Salah satunya pembukaan bioskop, wayang orang, ketoprak. Yang jelas ini semuanya sudah terkendali, tapi prokes kita perketat," sambung dia.

Sekretaris Daerah Solo Ahyani mengatakan pertimbangan membuka kembali bioskop dan tempat olahraga karena kasus harian Covid-19 di Solo sudah mulai menurun.

Meskipun demikian, pengelola bioskop harus menerapkan prokes ketat. Setelah acara selesai ruangan harus disemprot disinfektan dan dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas.

"Bagaimana pengelola menyiapkan ruangan untuk studio (bioskop) bisa tetap prokes. Satu kursi harus dilipat. Jadi satu kursi kosong," kata dia.

Begitu juga dengan kegiatan olahraga dan kompetisi diperbolehkan buka namun tanpa ada penonton.

"Mekanismenya sama harus minta izin. Sama tempat olahraga harus minta izin. Olahraga, kompetisi bisa dijalankan tapi tanpa penonton," kata Ahyani.

Lebih lanjut, Ahyani mengatakan, kebijakan ini akan dievaluasi setelah dua pekan. Jika muncul klaster baru Covid-19 maka akan ditutup kembali operasional bioskop dan tempat olahraga.

"Nanti kita evaluasi. Tiba-tiba muncul klaster kita hentikan. Sekarang kan sudah melandai (kasusnya)," terang Ahyani.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/08/145100778/pemkot-solo-longgarkan-ppkm-mikro-bioskop-dan-fasilitas-olahraga-boleh-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke