Salin Artikel

Ikut KLB di Deli Serdang, 11 Kader Partai Demokrat Maluku Dilaporkan ke Polisi

Para kader partai yang dilaporkan itu diketahui merupakan sejumlah pengurus partai di tingkat pimpinan cabang yang ikut menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, laporan terhadap para kader itu dilakukukan langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Maluku, Roy Elwan Pattiasina didampingi sejumlah pengurus DPD dan sejumlah pengacara.

"Kita melaporkan mereka yang kemarin ikut kongres luar biasa di Deli Serdang, yang mengatasnamakan Ketua DPD dan Ketua DPC seluruh Maluku," kata Roy Elwan Pattiasina usai membuat laporan di kantor Polda Maluku, Sabtu (6/3/2021).

Roy menjelaskan, kader dan pengurus Demokrat di Maluku yang ikut KLB di Deli Serdang berjumlah 11 orang.

Namun, dari jumlah itu hanya lima orang yang tercatat sebagai kader dan pengurus aktif. Sisanya, mantan kader partai.

Pengurus aktif yang ikut di antaranya, Plt Ketua DPC Demokrat Kota Ambon, Sekretaris DPC Demokrat Maluku Tenggara, dua pengurus aktif DPC Seram Bagian Barat, dan satu pengurus DPC Maluku Tengah.

"Mereka ini adalah peserta ilegal ada 11 orang yang kita laporkan, ada yang masih pengurus dan ada yang tidak dan ada yang sudah dipecat," katanya.

Ia menegaskan para kader yang menghadiri KLB tersebut pergi tanpa sepengetahuan pengurus DPD. Mereka mengatasnamakan DPD Demokrat Maluku dan juga DPC se-Maluku.

"Mereka pergi tanpa sepengetahuan saya, yang saya tahu itu hanya Plt Kota Ambon saya melarangnya pergi tapi dia tetap pergi dan mengaku siap dipecat," katanya.


Menurut Roy para kader partai itu dilaporkan karena membangkang terhadap AD ART partai. Mereka juga dilaporkan karena tindakannya telah memenuhi empat unsur pidana.

"Ada pencemaran nama baik, ada penipuan, ada pemalsuan dokumen dan berita bohong," katanya.

Ia menegaskan, DPD Demokrat Maluku menolak KLB dan setia kepada kepengurusan yang sah di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Kami menolak hasil KLB dan kami akan tetap berada di garis lurus, setia loyal kepada AHY ketua umum yang sah," tegasnya.

Selain memidanakan para kader yang dinilai membangkang itu, DPD Partai Demokrat Maluku juga mengancam akan segera memecat mereka yang ikut hadir di KLB Deli Serdang.

"Mereka yang ikut di KLB akan kami pecat," tegasnya. 

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat membenarkan laporan tersebut.

"Betul sore tadi sekira Pukul 15.00 WIT pengurus Partai Demokrat Maluku yang dipimpin ketua DPD telah melaporkan sejumlah kadernya di SPKT Polda Maluku, " kata Roem kepada Kompas.com via telepon seluler.

Ia mengatakan, kasus tersebut akan dipelajari penyidik dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

"Nanti dipelajari dan ditindaklanjuti, setiap laporan tentu akan ditindaklanjuti," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/06/172412878/ikut-klb-di-deli-serdang-11-kader-partai-demokrat-maluku-dilaporkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke