Salin Artikel

Dikabarkan Kirim Perwakilan ke KLB, Seluruh Kader Demokrat Jateng Dikumpulkan

Ketua DPD Demokrat Jawa Tengah Rinto Subekti mengatakan, Rakorda itu digelar sebagai bentuk pernyataan sikap seluruh pengurus beserta kadernya yang masih tetap loyal terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rakorda itu juga untuk menanggapi kabar ada wakil dari Jawa Tengah dalam Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang memilih Moeldoko sebagai ketua umum. 

"Kami di sini kompak baik Ketua DPD, DPC Partai Demokrat akan mengadakan Rakorda yang Insya Allah akan dibuka besok (Sabtu) yang akan dihadiri seluruh fraksi baik tingkat pusat, provinsi dan kabupaten kota dari Jateng," kata Rinto dalam konferensi pers di Hotel Candi Semarang, Jumat (5/3/2021). 

Selanjutnya, Rinto meminta kepada DPP dan DPC untuk memeriksa dan menindak tegas orang yang mengatasnamakan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah yang berangkat ke KLB di Deli Serdang.

"Yang jelas kami tidak pernah berangkat ke sana. Jadi KLB itu kami nyatakan tidak sah karena mereka bukan pemilik suara yang sah," ujarnya.

Ia juga menegaskan tidak ada ketua DPC di Jateng yang hadir ke KLB. Apabila ada orang yang mengaku, berarti hal itu merupakan kebohongan.

"Saya tidak pernah tanda tangan surat kuasa perwakilan. Selain itu dalam AD/ART, dalam kongres tidak boleh diwakilkan," tandasnya.

Rinto menyatakan jika Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) mengesahkan hasil KLB di Deli Serdang tersebut, maka pihaknya akan melawan.

"Partai Demokrat Jateng bersama 35 DPC akan melawan dan setia pada AHY. Semua cara akan kami lakukan," katanya.

Rinto meminta Menkumham agar tidak mengesahkan hasil KLB di Deli Serdang.

Sebagai informasi, Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang diselenggarakan di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Jumat (5/3/2021) menetapkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat periode 2021-2025.

Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia

https://regional.kompas.com/read/2021/03/05/213127678/dikabarkan-kirim-perwakilan-ke-klb-seluruh-kader-demokrat-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke