Salin Artikel

Protes Penganiayaan Dosen oleh Rekannya, Mahasiswa UMI Gelar Aksi Bisu

Aksi bisu ini berlangsung di depan Gedung Menara UMI.

Mahasiswa mengutuk kejadian yang menimpa HD, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra UMI yang diduga dilakukan MH, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Senin (22/2/2021).

"Kami mengutuk keras tindak kekerasan terhadap perempuan," ujar Koordinator Aksi Harry dalam keterangan tertulisnya, Senin sore. 

Harry mengatakan, Aliansi Mahasiswa Ilmu Komunikasi menuntut pihak universitas untuk segera memberikan sanksi yang setimpal terhadap terlapor. 

Massa aksi meminta pihak kampus tidak melindungi terlapor.

Mereka juga mendesak pihak kampus agar mencopot dosen MH dari jabatannya mengingat tindaknnya sangat arogan dan mencoreng nama baik kampus 

"Karena pemukulan tersebut sangat mencederai kampus UMI yang menjunjung tinggi nilai, amalia dan berakhlakul karimah. Kami meminta agar kampus jangan melindungi pelaku dan mewujudkan demokrasi kampus," ujar dia. 

Sementara itu Wakil Rektor 3 UMI Nasrullah mengatakan, pihak rektorat sedang memproses kasus dugaan penganiayaan yang dialami HD tersebut. 


Dia mengatakan, hasil sidang etik terhadal keributan itu akan segera diumumkan paling cepat pada 2 Maret 2021. 

"Pimpinan universitas sudah memproses, dan alhamdulillah, insya Allah besok itu kepastian hukumnya," kata Nasrullah saat menemui massa aksi. 

"Tuntutan adik-adik ini sudah kita lakukan. Kami dari universitas sangat memahami dan mengerti apa yang jadi tuntutan adik-adik," tandas dia.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video berdurasi 43 detik memperlihatkan seorang dosen pria melayangkan pukulan terhadap dosen wanita beredar di beberapa grup WhatsApp.

Kedua orang yang saling bertikai itu diduga merupakan dosen dari Fakultas Sastra Universitas UMI Makassar yang berada di Jalan Pampang, Kecamatan Panakkukang.

Dalam video tersebut, dosen perempuan menerima pukulan yang dilayangkan dosen pria dengan botol ketika dia hendak berbicara. Keduanya pun bersitegang.

Beruntung orang-orang di sekitar langsung melerai keduanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/01/194912678/protes-penganiayaan-dosen-oleh-rekannya-mahasiswa-umi-gelar-aksi-bisu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke