Salin Artikel

Ganjar Sebut 4 Daerah Ini Cukup Bagus Terapkan Jateng di Rumah Saja

Daerah tersebut adalah Kabupaten Brebes, Purbalingga, Grobogan, dan Temanggung.

"Kalau saya melihat secara kualitatif kemarin dikirim gambarnya, bagus itu Brebes, itu sepi semuanya. Kemudian Purbalingga juga iya. Kemarin beberapa pasar berhasil ditutup dan semprot ada di Grobogan, Temanggung menurut saya bagus," ujar Ganjar di kantornya, Senin (8/2/2021).

Ganjar berharap pelaksanaan "Jateng di Rumah Saja" di daerah-daerah dapat dijadikan pengalaman apabila selanjutnya akan kembali diterapkan.

"Jadi pengalaman-pengalaman ini akan kita share dan diharapkan laporan yang detail dari masing-masing Kabupaten sehingga jadi pendekatan untuk tahapan berikutnya seandainya akan melakukan tindakan ini lagi," imbuhnya.

Kendati demikian, Ganjar mengaku dalam waktu dekat belum ada rencana untuk melanjutkan karena akan dilaksanakan program pemerintah pusat yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

"PPKM yang mikro ini kita akan jalankan sambil kita melihat perkembangan," katanya.

Ganjar akan melihat perkembangan hasil penerapan "Jateng di Rumah Saja" terkait dengan penanganan Covid-19.

"Jateng di rumah saja dua hari akan kita pantau perkembangan setidaknya satu minggu lagi ada penurunan signifikan atau tidak," imbuhnya.


Ganjar mengatakan, memang ada yang meminta Jateng di Rumah Saja kembali diterapkan, tapi tidak bisa seketika diputuskan.

Terlebih jika PPKM mikro mampu menekan laju penularan Covid-19.

"Kalau sudah ketat tapi naik lagi bukan tidak mungkin kita lakukan, harinya bisa kita pilih tapi setidaknya masyarakat sudah mulai tahu bagaimana rasanya, bagaimana hasilnya, dan seterusnya itu jadi pertimbangan kita lakukan berikutnya," jelasnya.

Dengan hasil Jateng di Rumah Saja dua hari lalu, Ganjar menegaskan tidak ada kesimpulan Jateng akan di-lockdown.

Ia memastikan tidak akan mengambil langkah lockdown di Jawa Tengah.

"Kalau lockdown kan mati semuanya, kita tidak mungkin mengambil itu, saya memastikan tidak akan mengambil itu. Pembatasannya ada, tapi artinya dengan mendorong Jateng di Rumah Saja rasa-rasanya masyarakat banyak yang mendukung, tinggal kita atur saja. Ya, ada protes dari toko, dari ekonomi, kalau mereka setuju saya pikirkan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/19200011/ganjar-sebut-4-daerah-ini-cukup-bagus-terapkan-jateng-di-rumah-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke