Salin Artikel

Dapat Jabatan di Anak Perusahaan BUMN, Jubir Bobby-Aulia Bantah Terkait Pilkada Medan

KOMPAS.com – Sugiat Santoso, Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby Nasution-Aulia Rachman pada Pemilihan Kepala Daerah Medan 2020, mendapat jabatan di anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ia ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT Prima Multi Terminal (PT PMT).

Kepada Kompas.com, ia membenarkan mengenai jabatan barunya itu.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Utara tersebut menjabarkan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir-lah yang mengusulkan namanya dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PMT pada akhir Desember 2020.

"Secara administrasi, yang mengusulkan memang Menteri BUMN untuk RUPS di PT PMT. Kalau tak salah ingat, secara administrasi akhir Desember saya diberikan hasil RUPS dan efektif di Januari ini," terang Sugiat melalui pesan singkat, Rabu (27/1/2021).

Sebagai komisaris independen, Sugiat bertugas mengawasi dan memberi masukan ke jajaran direksi supaya kinerja perusahaan menjadi jauh lebih baik.

"Komisaris kan tidak bisa mencampuri urusan teknis. Ya, secara prinsip kami akan mendukung kebijakan direksi untuk memajukan PT PMT," ujar dia.

Ketika ditanya mengenai kompetensi yang ia miliki dan alasan pemilihan dirinya, Sugiat tidak menjawab.

"Kalau soal itu, bisa tanya langsung ke Kementerian ya. Prinsipnya, karena diamanahkan membantu untuk memajukan PT PMT sebagai komisaris, saya pastinya akan laksanakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Sugiat.

Ia memberikan bantahan bila ada anggapan bahwa penunjukannya tersebut karena turut berjasa memenangkan Bobby-Aulia dalam Pilkada Medan.

"Enggak lah, prosesnya jauh sebelum Pilkada Kota Medan. Secara informal sebelum menjadi jubir Bobby-Aulia," kata mantan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Terkait jabatan barunya itu, Sugiat mengaku telah mengundurkan diri dari keanggotaan dan kepengurusan Partai Gerindra jauh sebelum RUPS.

"Sudah tak ada kaitan sama sekali dengan partai. Begitu juga sebagai juru bicara, pasca-RUPS sudah nonaktif. Supaya fokus menunaikan tugas sebagai komisaris dan memang syarat administrasinya seperti itu," jelasnya.

PT Prima Multi Terminal yang beralamat di Jalan Akses Pelabuhan Kualatanjung, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara adalah anak usaha dari PT Pelindo I Waskita Karya dan Pembangunan Perumahan (PP).

Bidang usaha yang dimiliki perusahaan ini antara lain terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal curah cair internasional dan domestik, pergudangan, kegiatan industri tertentu dan jasa penunjang lainnya.

Saat ini, PT PMT sedang mengembangkan terminal multipurpose baru di Pelabuhan Kualatanjung.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Medan, Mei Leandha | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/01/28/11365881/dapat-jabatan-di-anak-perusahaan-bumn-jubir-bobby-aulia-bantah-terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke