Salin Artikel

Kronologi Longsor di Km 6+200 Ruas Tol Surabaya-Gempol, Berawal dari Retakan

SURABAYA, KOMPAS.com - Longsor terjadi di sebagian ruas jalan tol Surabaya-Gempol Km 6+200 arah Gempol, Selasa (26/1/2021) malam.

Akibatnya, 2 lajur tol yang mengarah ke Gempol atau arah Waru ditutup sementara.

Menurut GM Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad Hendri Taufik, sebelum terjadi penurunan tanah di titik tersebut, pihaknya hanya menemukan retakan pada Senin (25/1/2021) tengah malam.

"Penanganan langsung dilakukan dengan penguatan tanah, serta menutup lajur 1 untuk menghindari penurunan dan retakan berlanjut," kata Hendri, Rabu (27/1/2021).

Pada Selasa (26/1/2021) malam saat proses penanganan sedang berlangsung, penurunan tanah kembali terjadi sehingga perlu menutup 2 lajur demi keselamatan pengguna tol.

Pihak Jasa Marga, kata dia, juga berkoordinasi dengan Tim Geoteknik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk memantau kondisi longsoran tersebut.

"Sementara saat ini sedang dilakukan penanganan pertama dengan pemasangan sandbag baik itu di tepi perkerasan dan di kaki longsor," terang dia.

Secara terpisah, Kanit PJR Jatim 2 AKP Roni Faslah semula memprediksi perbaikan hanya dalam waktu satu hari saat ditemukan retakan pada Senin malam.


"Ternyata pada Selasa malam kembali ambles sedalam 1,5 meter dari semula yang hanya 5 sentimeter," ujar dia.

Karena itu, dia mengimbau kendaraan truk dengan memuat beban berat tidak melintas di lajur tersebut.

"Kami imbau untuk kendaraan truk dengan beban berat melintas di jalur bawah atau non-tol untuk mengurangi beban berat di lokasi longsor," terang dia.

Pihak Jasa Marga sebelumnya telah menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi akibat kejadian longsor tersebut.

Mitigasi risiko berupa pengurangan kapasitas transaksi di Gerbang Tol Dupak dan Banyu Urip menyesuaikan kapasitas lajur yang masih bisa dilewati.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyiapkan contraflow pada bukaan terdekat, yaitu pada Km 5+600 hingga Km 9+000.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/27/11473781/kronologi-longsor-di-km-6200-ruas-tol-surabaya-gempol-berawal-dari-retakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke