Salin Artikel

Pingsan, Mual, hingga Mengantuk, Gejala yang Dialami Nakes di Jateng Usai Suntik Covid-19

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 4.415 tenaga kesehatan telah disuntik vaksin Covid-19 pada tahap pertama dalam pelaksanaan vaksinasi di tiga daerah di Jawa Tengah.

Beberapa nakes di tiga daerah tersebut mengalami gejala ringan usai disuntik vaksin Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan usai disuntik vaksin, ada beberapa nakes yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang beragam.

"Gejalanya di Kota Semarang ada yang sempet pingsan, mata memerah, bengkak, ada yang mual. Di Kabupaten Semarang ada yang mual dan gatal di area suntikan. Di Kota Surakarta ada nyeri lengan, mual, muntah dan semprepet mungkin prepet-prepet. Trus kemudian ada yang berdebar, ngantuk paling banyak. Tapi sampai hari ini tidak ada yang berlanjut,” jelas Ganjar di kantornya, Rabu (20/1/2021).

Ganjar juga menjelaskan hingga 19 Januari kemarin, ada total 540 nakes yang harus ditunda vaksinnya karena memiliki komorbid dan 285 nakes yang tidak hadir.

"Ada Kota Semarang yang ditunda dan komorbid ada 245 nakes yang tidak hadir 178 nakes. Kabupaten Semarang ditunda atau komorbid ada 72 nakes dan tidak hadir 6 nakes. Di Kota Surakarta ditunda dan komorbid ada 196 nakes dan tidak hadir ada 98 nakes," ujarnya.

"Ini kemarin sudah dicek yang tidak hadir karena lagi ada tugas, terus rumit data input, trus kita hari ini rapat membuat terobosan itu,” ucapnya.

Ganjar mengatakan proses vaksinasi di Jawa Tengah sudah berlangsung selama sepekan sejak 14 Januari lalu di Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo.

Jumlah nakes yang sudah disuntik vaksin itu, sebesar 13,2 persen dari total kurang lebih 30.000 nakes yang menerima vaksin tahap pertama.

"Sampai dengan 19 Januari pukul 14.00 WIB, Kota Semarang sudah 2.219 nakes jadi kurang lebih 11,8 persen, Kabupaten Semarang 655 nakes sekitar 16 persen, lalu Kota Surakarta 1.541 nakes ini 15 persen, sehingga rata-rata kita sudah 13,2 persen," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/20/17575511/pingsan-mual-hingga-mengantuk-gejala-yang-dialami-nakes-di-jateng-usai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke