Salin Artikel

71 Anggotanya Positif Covid-19, Kepala Satpol PP Makassar: Dari Awal Saya Sudah Prediksi

KOMPAS.com - Hasil test swab yang dilakukan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, cukup mengejutkan.

Pasalnya, sebanyak 71 anggota Satpol PP dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah tersebut dimungkinkan masih akan terus bertambah, mengingat hasil test swab dari anggota Satpol PP tersebut hingga saat ini belum semua keluar.

“Kemungkinan bisa bertambah karena belum keluar semua hasil swab. Tidak bersamaan keluar hasilnya, karena menyesuaikan puskesmas setempat mereka bertugas yang mulai tanggal 22 Desember 2020 mulai dilakukan swab test,” kata Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud, Jumat (1/1/2021).

Terkait dengan temuan itu, Iman justru mengaku tidak terkejut.

Menurutnya, penyebab dari banyaknya temuan kasus Covid-19 di instansinya itu karena memang selama ini kurang mendapat perhatian.

“Dari awal saya sudah prediksi, beban tugas yang berat, operasional terbatas. Logistik terbatas, gizi tidak sempurna. Tumbanglah satu per satu,” ujar Iman.

Meski pemerintah daerah setempat sudah menyiapkan fasilitas hotel untuk tempat isolasi, namun para anggotanya itu tidak memanfaatkannya dan memilih melakukan isolasi mandiri di rumah.

Alasannya, selain berstatus orang tanpa gejala (OTG) juga karena prosedur untuk memanfaatkan fasilitas itu dianggap cukup berbelit-belit.

“Prosedurnya berbelit-belit. Ini saja logistik untuk anggota Satpol PP yang bertugas di lapangan ala kadarnya sesuai kemampuan. Apalagi BPBD tidak mengalokasikan anggaran untuk anggota Satpol PP di lapangan,” tuturnya.


Tersebar di berbagai kecamatan

Lebih lanjut dikatakan Iman, puluhan anggotanya yang positif terjangkit Covid-19 itu diketahui bertugas di berbagai kecamatan dan rumah dinas.

“Dua orang di Kecamatan Manggala, 10 orang di Kecamatan Panakkukang, tiga orang di Kecamatan Rappocini, dua orang di Kecamatan Ujungpandang, satu orang di Kecamatan Bontoala, satu orang di Kecamatan Tamalanrea," ujar Iman.

"Enam orang di Kecamatan Mariso, delapan orang di Kecamatan Tamalate, satu orang di Kecamatan Makassar, enam orang di Kecamatan Ujung Tanah, 30 orang anggota peleton gel 1, dan satu orang yang bertugas di rujab Ketua DPRD Makassar,” lanjut dia.

Dirinya sendiri, saat ini juga mengaku belum dapat melakukan aktivitas secara normal karena masih harus menjalani isolasi mandiri.

Sebab, hasil test swab yang dilakukan bersama istri beberapa hari yang lalu juga dinyatakan positif Covid-19.

Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto | Editor : Nursita Sari

https://regional.kompas.com/read/2021/01/01/19561401/71-anggotanya-positif-covid-19-kepala-satpol-pp-makassar-dari-awal-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke