Salin Artikel

Selain Kluster Keluarga, Pelaku Perjalanan Sumbang Lonjakan Kasus Covid-19 di Banjarmasin

Bahkan, dua dari 52 kelurahan di Banjarmasin kembali ditetapkan sebagai zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, selain kluster keluarga, melonjaknya kasus Covid-19 di Banjarmasin juga disebabkan pelaku perjalanan.

"Penambahan kasus dari pelaku perjalanan diperkirakan kurang lebih 20 persen. Ini juga menyumbang kasus Covid-19 yang sangat tinggi di Banjarmasin," ujar Machli Riyadi kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

Machli tidak menampik, banyak dari warga sejak Banjarmasin di nyatakan sebagai zona hijau melakukan perjalanan keluar daerah.

Ketika kembali ke Banjarmasin, tanpa disadari membawa virus Covid-19.

Untuk itu, dia meminta kepada warga Banjarmasin untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang memiliki kasus Covid-19 yang tinggi.

Apalagi, mendekati libur natal dan tahun baru.

"Kami mengimbau kepada warga Banjarmasin untuk mempertimbangkan kembali agar tidak bepergian ke daerah-daerah yang zonasi penularannya sangat berbahaya," tegasnya.

Jika imbauan itu dipatuhi, maka Machli yakin penularan Covid-19 di Banjarmasin kembali dapat ditekan dan tidak terjadi lonjakan gelombang kedua seperti di daerah lain.

"Ini tanggung jawab kita bersama untuk mengendalikan Covid-19, khususnya dari pelaku perjalanan," pungkasnya.

Sebelumnya, Machli mengumumkan terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang menyebabkan dua kelurahan kembali berstatus sebagai zona merah di Banjarmasin.

Machli menuding, lonjakan kasus Covid-19 diakibatkan oleh menurunnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya lalai tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/17/19130471/selain-kluster-keluarga-pelaku-perjalanan-sumbang-lonjakan-kasus-covid-19-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke