Salin Artikel

Rumah Sakit Mulai Penuh, Jabar Siapkan 15 Gedung untuk Pasien Covid-19

Padahal, pada pekan lalu, keterisian rumah sakit di Jabar hanya 60 persen.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Emil itu tengah menyiapkan ruang perawatan alternatif berupa 11 gedung pemerintah dan 4 hotel untuk dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

"Karena keterisian rumah sakit di Jabar itu sudah mencapai 75 persen. Maka sesuai prosedur, kami sedang menyiapkan 11 gedung pemerintah. Ada asrama-asrama yang akan dikelola sebagai ruang isolasi oleh dokter tenaga kesehatan, dan 4 hotel," ujar Emil di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (7/12/2020).

Gedung dan hotel itu juga disiapkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus usai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 nanti.

Kabar baiknya, menurut Emil, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jabar mencapai 80 persen, dengan angka kematian 1,6 persen.

"Mudah-mudahan terus kita jaga tingkat kesembuhannya. Rt (angka reproduksi) juga di bawah 1, yang memburuk hanya tingkat ruang isolasi dari rumah sakit," kata dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengumumkan ada 6 daerah yang masuk kategori zona merah berdasarkan data terbaru level kewaspadaan Covid-19.

Daerah tersebut yakni Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/07/18492181/rumah-sakit-mulai-penuh-jabar-siapkan-15-gedung-untuk-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke