Salin Artikel

Banjir Sungai Serayu, Ribuan Rumah Terendam, Warga Diungsikan

KOMPAS.com - Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meluap dan merendam ribuan rumah warga pada Kamis (3/12/2020) dini hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas mencatat, beberapa daerah paling parah terdampak adalah Grumbul Bonjok, Desa Sokawera, Kecamatan Kalibagor dan Desa Kalicupak, Kecamatan Somagede.

"Tadi di Desa Kalicupak, Kecamatan Kalibagor tingginya sampai sedada, kemudian di Desa Sokawera, Kecamatan Somagede tingginya juga sama," kata Titik Puji Astuti Kepala Pelaksana BPBD Banyumas.

Akibat banjir tersebut, warga di sejumlah desa memilih mengungsi. Ternak warga pun dievakuasi ke tempat lebih aman.

Berdasarkan data sementara di Kecamatan Kalibagor, sebanyak 300 rumah terdampak. Lalu, di Kecamatan Somagede hampir 600 rumah terdampak.

"Kalau secara keseluruhan mungkin lebih dari 1.000 rumah. Kami masih melakukan pendataan, ini personel kami dibagi-bagi ke wilayah terdampak," kata Titik.

Untuk warga yang mengungsi, berdasar pantauan Kompas.com, yaitu warga di Dusun Grumbul Bonjok, Desa Sokawera, Kecamatan Somagede.

Warga di desa itu dievakuasi menggunakan perahu karet menuju desa sebelah.

Sejumlah hewan ternak juga tampak turut dievakuasi ke tempat yang aman.


Terjadi dini hari 

Sementara itu, Kepala Desa Sokawera, Kecamatan Somagede, Karman mengungkapkan, banjir serupa akibat meluapnya Sungao Serayu pernah terjadi pada tahun 2000 lalu.

"Kejadian banjir dulu pernah terjadi sekitar tahun 2000, kejadiannya seperti ini. Penyebabnya sama, yaitu akibat meluapnya Sungai Serayu," ungkap Karman saat ditemui di lokasi terdampak banjir, Kamis (3/12/2020).

Karman menceritakan, air luapan Sungai Serayu mulai masuk ke permukiman warga di wilayah Dusun II atau Grumbul Bonjok sekitar pukul 04.00 WIB.

"Kejadiannya tadi pagi, air langsung masuk ke permukiman warga. Sebetulnya air yang arusnya deras dari arah sebelah timur sana, dari Sungai Serayu," jelas Karman.

(Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2020/12/03/14000001/banjir-sungai-serayu-ribuan-rumah-terendam-warga-diungsikan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke