Salin Artikel

Dapat Nomor Urut 1, Cabup Kristiana Muki Ajak Paslon Lain Tolak Kampanye Hitam

Hal itu disampaikan Kristiana, saat memberikan sambutan dalam rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati TTU, Kamis (24/9/2020).

Kristiana yang berpasangan dengan Joseph Tanu sebagai calon wakil bupati, mendapat nomor urut satu.

"Harapan kami, bersama-sama berjuang sesuai misi kita yakni jadikan TTU Bersih, beradab, adil, damai dan berbudaya," ujar Kristiana.

Kristiana dan Joseph yang diusung Partai Nasdem itu, mengajak pasangan calon lainnya agar menghapus semua perbedaan menjadi sesuatu yang humanis.

"Mari bersama-sama untuk tidak melakukan kampanye hitam. Mari satu hati, satu tujuan satu langkah untuk menuju TTU yang lebih baik," kata Kristiana.

Kristiana juga menyebut, Pilkada TTU kali ini memberikan warna tersendiri, karena pertama kalinya dalam sejarah seorang perempuan maju menjadi calon bupati.

"Harapan kita sehati, sama-sama berjuang yang sehat untuk kemajuan TTU," ujar dia.

Sementara itu Ketua KPU Paulinus Lape Feka mengatakan, tahapan pilkada sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Paulinus menjelaskan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020, Pasal 201 a mengamanatkan, pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati berlangsung pada 9 Desember 2020.

KPU telah melakukan beberapa tahapan seperti rekrutmen panitia adhoc, proses pendaftaran paslon, dan selanjutnya memasuki masa kampanye.


Menurut Paulinus, keberhasilan dalam pelaksanaan pilkada ini merupakan tanggung jawab tiga unsur penting yaitu penyelenggara pemilihan, masyarakat pemilih, dan peserta pemilihan.

"Nomor urut bukan penentu kemenangan. Untuk itu kami harapkan keikhlasan pasangan calon untuk siap menerima berapa pun nomor yang didapatkan," ujar dia.

Paulus menambahkan, nomor urut adalah elemen penting yang akan menjadi identitas dari pasangan calon untuk proses-prose ke depan sampai dengan pelantikan.

Terdapat tiga pasangan calon yang bertarung di Pilkada TTU 2020. Mereka adalah, Kristiana Muki-Joseph Tanu dengan nomor urut satu, Hendrikus F Saunoah-Amandus Nahas mendapat nomor urut dua, dan pasangan Juandi David-Eusabius Binsasi mendapat nomor urut tiga.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/24/22543561/dapat-nomor-urut-1-cabup-kristiana-muki-ajak-paslon-lain-tolak-kampanye

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke