Salin Artikel

Besok, Gibran-Teguh Bakal Mendaftar ke KPU Naik Sepeda dan Kenakan Baju Adat Jawa

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan paslon Gibran-Teguh akan memakai pakaian adat Jawa berupa lurik dan belangkon sidomukti.

Mereka berdua juga akan bertolak ke KPU Solo menaiki sepeda.

Pada saat mendaftar, paslon Gibran-Teguh akan diantar para pendukung masing-masing ada yang menggunakan andong dan sepeda.

Ada tujuh andong yang disiapkan sebagai transportasi para pengiring.

"Pendamping dan pengantar kira-kira ada 30 orang. Nanti yang boleh masuk 12 orang," kata Rudy dalam konferensi pers di Kantor DPC PDI-P Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/9/2020).

Rudy mengungkapkan alasan menggunakan sepeda dan andong sebagai alat transportasi perjalanan ke KPU adalah untuk menekan polusi udara.

"Kalau kita menggunakan sepeda dan andong tentunya ada suara yang berisik. Namun demikian tidak mengurangi bobot dari pendaftaran ke KPU," ujarnya.

Dalam pendaftaran ini, para pimpinan partai politik (parpol) pendukung paslon Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 juga akan ikut mengantar pemberangkatan ke KPU.

Parpol pendukung itu antara lain, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Ketua Tim Pemenangan Paslon Gibran-Teguh, Putut Gunawan, mengatakan pemberangkatan pendaftaran ke KPU dimulai dari Kantor DPC PDI-P Solo di Jalan Hasanudin No 26 Purwosari.

Perjalanan melewati Pasar Nongko-Simpang Empat Pemuda-Simpang Empat Taman Balaikambang-Jalan Menteri Supeno-Jalan Ahmad Yani-Jalan Letjen Suprapto-Jalan Kahuripan Utara (KPU).

"Jadi, besok (berangkat) menggunakan kendaraan non-mesin dan bernuansa budaya tradisional," kata Putut.

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, persyaratan pendaftaran dirinya dan pasangannya Teguh Prakosa ke KPU semuanya sudah lengkap.

"Persiapan sudah siap semua. Persyaratan juga sudah lengkap. Doakan semoga besok lancar," kata putra sulung Presiden Jokowi.

Gibran mengaku sudah memberi kabar kepada kedua orangtuanya terkait pendaftaran dirinya sebagai calon wali kota pada kontestasi pesta demokrasi lima tahun di Pilkada Solo 2020.

"Sudah ngabarin Bapak lewat telepon. Kalau ke Jakarta waktunya tidak cukup," kata Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/03/16241531/besok-gibran-teguh-bakal-mendaftar-ke-kpu-naik-sepeda-dan-kenakan-baju-adat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke