Salin Artikel

Cegah Zona Merah, Bupati Bogor Gunakan Konsep Ini

Ade berharap daerahnya tidak berpindah level status dari zona oranye atau zona risiko sedang, ke zona merah atau zona resiko tinggi penularan virus corona.

"Iya, tapi mudah-mudahan kita belum zona merah ya," kata Ade di Cibinong, Jumat (28/8/2020).

Untuk menjaga dan mempertahankan status level kewaspadaan itu, pihaknya telah mengampanyekan kampung aman Covid-19.

Hal itu dalam rangka mengakhiri penyebaran virus di setiap desa di wilayah Kabupaten Bogor.

Pasalnya, saat ini wabah Covid-19 sudah hampir 6 bulan, sehingga membuat banyak perubahan gaya hidup dan pola interaksi masyarakat.

Selain itu, tingkat kedisiplinan warga pun semakin turun terhadap protokol kesehatan.

"Kita jaga terus dengan mengampanyekan kampung aman Covid-19. Mudah-mudahan ini jadi contoh seperti yang saya resmikan di Kampung Tambakan, Desa Wates Jaya, beberapa waktu lalu," kata Ade.


Ade yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menjelaskan, konsep kampung aman Covid-19 ini lebih mengedepankan kepentingan kesehatan dan kebersihan setiap warganya.

Selain itu, kriteria yang menjadi keharusan adalah soal ketahanan pangan yang dipersiapkan untuk saat ini dan untuk antisipasi di masa-masa mendatang.

Menurut dia, kampung aman Covid-19 ini juga dapat terwujud berkat keterlibatan gugus tugas kecamatan, tokoh masyarakat dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

"Kampung aman Covid-19 itukan sebetulnya kriterianya enggak susah kok, pertama adalah ketahanan pangan, supaya bagaimana desa itu membuat hidroponik, urban farm, terus menjaga daerahnya tidak dimasuki oleh orang-orang yang tidak jelas," kata dia.

Selain itu, kampung aman Covid-19 yang dijaga gugus tugas kecamatan ini bisa memicu kesadaran banyak orang bahwa setiap individu berpartisipasi menjaga kampungnya tetap aman, terlindungi.

Setiap warga desa akan tergerak untuk meredam laju penyebaran virus di setiap desa, serta meminimalisasi dampak sosial ekonomi.

"Orang mau ngapain sih ke situ, apalagi dari episentrum. Jadi itukan (kampung aman Covid-19) penjagaannya ketat, pemakaian masker dan pola hidup bersih, sebetulnya itu saja," kata Ade.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/28/20545871/cegah-zona-merah-bupati-bogor-gunakan-konsep-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke