Salin Artikel

Mudik dari Jakarta Berstatus Suspek Corona, 2 Warga Wonogiri Meninggal

WONOGIRI, KOMPAS.com-Dalam lima terakhir, dua warga Wonogiri dilaporkan meninggal dengan status suspek Covid-19 setelah mudik dari Jakarta.

Kedua jenazah warga itu langsung dimakamkan dengan protokol covid-19.

Kedua pemudik yang meninggal pertama perempuan berinisial T (38), dimakamkan di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (13/8/2020) lalu.

Kedua, pria berinisial SR (54) dimakamkan di Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/8/2020).

Sr meninggal dunia setelah beberapa hari dirawat di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang akrab disapa Jekek mengatakan dua pemudik asal Wonogiri yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 berstatus suspek.

Saat ini Pemkab Wonogiri masih menunggu hasil uji swab kedua warga tersebut.

“Dua pemudik memang dimakamkan dengan protokol Covid-19. Namun positif tidaknya kami masih menunggu hasil uji swab,” ujar Jekek kepada Kompas.com, Senin (17/8/2020) siang.

Jekek mengatakan pemerintah memutuskan kedua pemudik yang meninggalkan dimakamkan dengan protokol kesehatan lantaran kondisi kesehatan mereka menunjukkan gejala positif Covid-19 usai mudik dari Jakarta.

Untuk mengantisipasinya, Pemkab Wonogiri memutuskan kedua jenazah pemudik itu dimakamkan dengan prosedur protokol kesehatan covid-19.

“Dari awal kami sudah sampaikan pemerintah tidak berani berspekulasi saat ada warga masyarakat dengan gejala mengarah terkonfirmasi maka bila meninggal pemakaman dilakukan protokol covid-19,” jelas Jekek.

Hingga Senin (17/8/2020) jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Wonogiri mencapai 164 orang.

Rinciannya, 149 sembuh, dirawat di rumah sakit empat orang, dikarantina khusus enam orang dan meninggal sebanyak lima orang.

Sementara jumlah kasus suspek covid-19 sebanyak 88 orang dengan perincian sembilan meninggal dunia, 76 negatif covid-19 dan tiga dirawat di rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/17/14044911/mudik-dari-jakarta-berstatus-suspek-corona-2-warga-wonogiri-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke