Salin Artikel

Kisah Lora, Pedagang Asongan di Pelabuhan Berjuang Berikan Pendidikan untuk 5 Anaknya

Lora, warga Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan seorang janda yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang asongan di Pelabuhan Tenau Kupang.

Adapun sang suami meninggal tahun 2011. Sejak saat itu Lora banting tulang untuk menghidup anak-anaknya. 

Tidak hanya memberi makan, Lora juga harus menanggung biaya pendidikan kelima anaknya.

Tak mudah bagi Lora untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, karena pendapatan dari berjualan hanya cukup untuk makan sehari.

Namun, dengan kemauan serta kerja keras, Lora mampu membiayai pendidikan lima anaknya.

Buktinya, anak pertama dan kedua tamat SMA. Sedangkan tiga orang masih duduk di bangku SMA, SMP, dan SD.

"Pendapatan sehari-hari dari jualan di pelabuhan tidak menentu. Setiap hari hanya dapat Rp 50.000," ungkap Lora, Senin (3/8/2020) siang.

Uang yang didapat selain untuk makan dan pendidikan, juga digunakan juga untuk membayar utang koperasi, dan kebutuhan lainnya.

Kondisi ekonomi Lora semakin tak menentu saat pandemi corona. Praktis, kehidupan mereka tergantung belas kasih tetangga.


Termasuk juga biaya pendidikan tiga anaknya yang masih sekolah.

Apalagi sistem penerapan belajar secara online oleh pemerintah, menambah beban karena harus membeli telepon genggam dan pulsa untuk akses internet.

Beruntung, seorang tetangga mereka yang merupakan anggota polisi, Bripka Sebastian Latu sering membantu mereka dengan memberikan beras, termasuk juga memasang sambungan listrik secara gratis.

Tak hanya itu, Bripka Sebastian yang bertugas di Direktorat Kepolisian Perairan NTT, bersama sejumlah teman-temannya mengumpulkan uang dan membelikan sebuah telepon genggam android baru untuk anak-anak Lora agar bisa belajar online.

Lora bersyukur dan berterima kasih dengan kepedulian para tetangganya, termasuk Bripka Sebastian.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/05/05450091/kisah-lora-pedagang-asongan-di-pelabuhan-berjuang-berikan-pendidikan-untuk-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke