Salin Artikel

Tiga Pastor Keuskupan Purwokerto Sembuh dari Covid-19

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium sampel swab yang keluar Minggu (2/8/2020), kelimanya dinyatakan negatif virus corona.

"Dinyatakan positif Rabu (29/7/2020) kemarin, tapi sudah sembuh semuanya, dinyatakan sembuh hari Minggu kemarin," kata Sadiyanto saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

Sadiyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan tracing dan mengambil sampel swab sebanyak 32 orang.

Mereka merupakan orang yang melakukan kontak erat dengan kelima orang yang sempat terkonfirmasi Covid-19.

"Sudah diambil sampel swab hari Jumat atau Sabtu, saya kurang paham, itu petugas di lapangan, saya tahunya dari laporan ada 32 orang yang diambil sampel swab-nya. Sekarang tinggal menunggu hasilnya," jelas Sadiyanto.

Atas temuan tersebut, dua gereja di Purwokerto sempat ditutup selama tiga hari untuk proses sterilisasi, Kamis (30/7/2020) hingga Sabtu (1/8/2020).

Kedua gereja tersebut yakni, Katedral Kristus Raja Purwokerto Paroki Santo Yoseph Purwokerto.

Sementara itu, Sekretaris Keuskupan Purwokerto RD FX Bagyo Purwosantoso Pr mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Satgas Penangangan Covid-19 Kabupaten Banyumas, peribadatan di Gereja Katedral Kristus Raja dimulai kembali, Minggu (2/8/2020).

"Ibadat di katedral sudah dibuka kembali (Minggu) pagi setelah Sabtu (1/8) sore Gugus Tugas Paroki berkonsultasi dengan Gugus Tugas Kabupaten. Untuk Paroki Santo Yosep belum," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/03/10534921/tiga-pastor-keuskupan-purwokerto-sembuh-dari-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke