Salin Artikel

Pasangan Bajo Calon Lawan Gibran di Pilkada Solo Berjanji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih

SOLO, KOMPAS.com - Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo jalur independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo berjanji tidak akan mengambil gajinya jika nanti terpilih dalam Pilkada Solo 2020.

"Kami dan teman-teman termasuk bacalon (Bajo) sudah komitmen kalau nanti jadi tidak akan mengambil gaji," kata Penanggung Jawab Tim Pemenangan Bajo, Budi Yuwono saat dihubungi Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2020).

Menurut Budi, gaji bulanan Bajo tersebut rencananya akan disalurkan dan dialihkan untuk membantu warga Solo.

Dia menilai, masih ada sebagian warga Solo yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga gajinya tersebut bisa lebih bermanfaatkan bagi mereka.

"Sebenarnya ini bukan untuk gagah-gagahan. Cuma kami prihatin masih adanya sebagian masyarakat Solo yang hidupnya masih di bawah garis kemiskinan," ungkap Budi.

Budi optimistis paslon Bajo dapat mewujudkan cita-citanya untuk memenangkan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar pada 9 Desember 2020.

Budi juga mengatakan, paslon Bajo telah menyerahkan perbaikan syarat dukungan calon perseorangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa lolos ke tahapan berikutnya.

Perbaikan syarat dukungan tersebut telah mereka serahkan kepada KPU Solo pada Minggu (26/7/2020) pagi. Penyerahan perbaikan syarat dukungan juga dihadiri oleh paslon Bajo.

"Kemarin itu kita serahkan dukungan perbaikan sekitar 21.000 dukungan. Kemudian yang memenuhi syarat setelah diperiksa ada 19.551 dukungan. Berkurang sekitar 1.500 dukungan. Jadi yang 19.551 dukungan itu dinyatakan lengkap. Berarti lebih dari minimal yang kami serahkan sekitar 14.000 dukungan," terang dia.

"Kami tinggal menunggu hasil verifikasi administrasi di KPU. Nanti kalau sisanya masih lebih dari 14.000 dukungan kita nanti ke tahap verifikasi faktual kedua tanggal 10-16 Agustus 2020," sambungnya.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Solo, Suryo Baruno mengatakan, menerima dokumen perbaikan syarat dukungan dari paslon Bajo pada Minggu (26/7/2020).

Adapun jumlahnya sebanyak 21.063 dukungan berupa Formulir Model B1KWK perseorangan perbaikan, B1.1KWK perseorangan perbaikan dan Formulir Model B2KWK perseorangan perbaikan.

"Dari 21.063 dukungan yang kami cek kelengkapan dokumen tersebut 19.551 dukungan dinyatakan lengkap dan yang tidak lengkap ada 1.512 dukungan dengan jumlah persebaran lima kecamatan," ujar Suryo.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/29/11425371/pasangan-bajo-calon-lawan-gibran-di-pilkada-solo-berjanji-tak-ambil-gaji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke